Soal PKn Kelas 1 SD UAS I Kisi dan Kunci Jawaban 2013/2014

ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Kewarganegaraan
                                                Kelas                                       : I ( Satu )
                                                Hari / tanggal                          :
                                                Waktu                                     :

Petunjuk Umum :
1.    Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2.    Bacalah setiap soal dengan seksama !
3.    Kerjakan terlebuh dahulu soal yang kamu anggap paling mudah !
4.    Periksalah kembali pekerjaanmu sebelum kamu serahkan kepada bapak / ibu gurumu !

I.   Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling tepat !
  1. namanya susi berarti ia anak .  .  .  .
a. laki-laki
b. perempuan
c. pria
  1. nadia beragama islam
ia beribadah di  .  .  .  .
a. gereja
b. pura
c. masjid
  1. anita dan made berbeda agama
meskipun begitu mereka hidup  .  .  .  .
a. rukun
b. bersaing
c. bertengkar
  1. suku sunda berasal dari  .  .  .  .
a. sumatra
b. jawa tengah
c. jawa barat
  1. ibu sedang mencuci
saya harus  .  .  .  .
a. membantu
b. membiarkan
c. melihat

  1. dengan kakak dan adik harus selalu  .  .  .  .
a. bertengkar
b. rukun
c. bermusuhan
  1. nenek sedang sakit
saya harus  .  .  .  .
a. diam saja
b. ditinggal pergi
c. menengok
  1. ketika bertemu guru di jalan
sebaiknya kamu mengucapkan  .  .  .  .
a. selamat
b. salam
c. maaf
  1. doni tidak membawa pensil
doni tidak dapat menulis
sebaiknya kamu .  .  .  .
a. meminjami
b. membiarkan
c. memarahi
  1. makan bersama keluarga dapat menambah  .  .  .  .
a. keakraban
b. keangkuhan
c. kebencian
  1. hidup rukun di sekolah itu memang  .  .  .  .
a. menyedihkan
b. menyusahkan
c. menyenangkan
  1.                                                             rini dan toni hidup  .  .  .  .
                                                            a. susah
                                                            b. gembira
                                                            c. rukun
  1. tata tertib dibuat untuk menciptakan  .  .  .  .
a. kerusakan
b. keteraturan
c. kegaduhan
  1. rani belajar tanpa diperintah orang tua
contoh di atas adalah tertib di  .  .  .  .
a. rumah
b. sekolah
c. masyarakat
  1. sebelum masuk kelas murid   .  .  .   di depan kelas
a. berlari
b. berbaris
c. bercanda
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
  1. andi dan anto berjenis kelamin  .  .  .  .
  2. doni beragama kristen, fakih beragama islam
mereka hidup  .  .  .  .
  1. dengan ayah dan ibu kita harus  .  .  .  .
  2. nenek sedang menyapu, kita sebaiknya  .  .  .  .
  3. teman yang sakit sebaiknya kita  .  .  .  .
  4. hidup rukun membuat pekerjaan menjadi  .  .  .  .
  5. taat tata tertib rumah membuat keluarga menjadi  .  .  .  .
  6. dino selalu mematuhi tata tertib sekolah
dino menjadi anak yang  .  .  .  .
  1. rina anak yang tertib di rumah
maka setiap akan berangkat sekolah ia selalu minta  .  .  .  .
  1. ibu guru menjelaskan pelajaran
murid-murid  .  .  .  .
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
  1. di rumah siti ada ayah, ibu, robi adik siti dan nenek
ada berapa orang yang berjenis kelamin perempuan di rumah siti?
Jawab : _________________________________________________________________
  1. sebutkan 3 agama yang disyahkan di indonesia  !
Jawab : _________________________________________________________________
  1. sebutkan 3 suku bangsa di indonesia !
Jawab : _________________________________________________________________
  1. sebutkan 3 tata tertib di rumah !
Jawab : _________________________________________________________________
  1. sebutkan 3 tata tertib di sekolah !
Jawab : _________________________________________________________________




KUNCI JAWABAN PKn
KELAS I
I. Pilihan Ganda
  1. b                                  6. b                                          11. c
  2. c                                  7. c                                          12. c
  3. a                                  8. b                                          13. b
  4. c                                  9. a                                          14. a
  5. a                                  10. a                                        15. b
II. Isian
16. laki-laki                                                             21. ringan / cepat selesai
17. rukun                                                                            22. aman dan tentram
18. rukun                                                                            23. pandai
19. membantu                                                                     24. ijin
20. tengok                                                                          25. duduk rapi / mendengarkan
III. Uraian
26. 3 orang ( siti, ibu, nenek )
27. islam, katolik, protestan  ( kebijaksanaan guru )
28. jawa, sunda, bali ( kebijaksanaan guru )
29. - rajin bangun pagi
 - rajin mandi pagi
 - minta ijin jika akan bepergian
 ( kebijaksanaan guru )
30. tertib sebelum masuk kelas, tertib mengikuti pelajaran, tertib belajar di kelas
( kebijaksanaan guru )





KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
SEKOLAH DASAR / MI
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Satuan Pendidikan              : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas      /  Semester            : I / 1
Kurikulum                             : KTSP
Alokasi Waktu                     : 60 menit
Jumlah Soal                          : 30 butir
Bentuk Soal                          : I.   Pilihan Ganda              15 butir                  no. 1   -  15
                                                  II.  Isian                               10 butir                  no. 16 -  25
                                                                  III. Uraian                           5 butir                    no. 26 -  30

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
NOMOR SOAL
BENTUK SOAL
1
2
3
4
5
6
7
I
1.     Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
1.1. Menjelaskan perbedaan jenis kelamin,agama dan suku bangsa
Perbedaan jenis kelamin
Siswa dapat menyebutkan jenis kelamin perempuan
1
Pilihan Ganda



Perbedaan agama di Indonesia
Siswa dapat menyebutkan tempat ibadah agama islam

2
Pilihan Ganda



Menjaga kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda
Siswa dapat menyebutkan sikap yang harus ditunjukan untuk menjaga kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda
3
Pilihan Ganda



Suku bangsa di Indonesia
Siswa dapat menyebutkan asal suku Sunda
4
Pilihan Ganda


1.2Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Hidup rukun dengan ayah dan ibu
Siswa dapat menyebutkan sikap yang harus ditunjukan untuk hidup rukun dengan ibu
5
Pilihan Ganda



Hidup rukun dengan kakak dan adik
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan kakak dan adik
6
Pilihan Ganda



Hidup rukun dengan kakek dan nenek
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan nenek
7
Pilihan Ganda



Hidup rukun dengan guru
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan guru
8
Pilihan Ganda



Hidup rukun antar murid
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun antar murid
9
Pilihan Ganda


1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
Manfaat hidup rukun di rumah
Siswa dapat menyebutkan manfaat makan bersama keluarga
10
Pilihan Ganda



Manfaat hidup rukun di sekolah
Siswa dapat menyebutkan manfaat hidup rukun di sekolah
11
Pilihan Ganda



Contoh anak yang hidup rukun
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan gambar tentang anak yang hidup rukun
12
Pilihan Ganda

2.  Membiasakan tertib di rumah dan  di sekolah
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
Pentingnya tata tertib di rumah
Siswa dapat menyebutkan pentingnya dibuat tata tertib
13
Pilihan Ganda


2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Melaksanakan tata tertib di rumah
Siswa dapat menyebutkan contoh melaksanakan tindakan tertib di rumah
14
Pilihan Ganda



Melaksanakan tata tertib di sekolah
Siswa dapat menyebutkan contoh melaksanakan tindakan tertib di sekolah
15
Pilihan Ganda
II
1.  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa
Perbedaan jenis kelamin
Siswa dapat menyebutkan jenis kelamin laki-laki
16
Isian



Menjaga kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda
17
Isian


1.2Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Hidup rukan dengan ayah  dan ibu
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan ayah dan ibu
18
Isian



Hidup rukan dengan kakek dan nenek
Siswa dapat menyebutkan contoh sikap hidup rukun dengan nenek
19
Isian



Hidup rukan antar murid
Siswa dapat menyebutkan contoh sikap hidup rukun antar teman
20
Isian


1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
Manfaat hidup rukun di rumah
Siswa dapat menyebutkan manfaat hidup rukun di rumah
21
Isian

2.   Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
Pentingnya tata tertib di rumah
Siswa dapat menyebutkan pentingnya taat tata tertib di rumah
22
Isian



Pentingnya tata tertib di sekolah
Siswa dapat menyebutkan pentingnya mematuhi tata tertib di sekolah
23
Isian


2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Menemukan contoh pelaksanaan tata tertib di rumah
Siswa dapat menyebutkan contoh pelaksanaan tata tertib di rumah
24
Isian



Menemukan contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah
Siswa dapat menyebutkan contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah
25
Isian
III
1.  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa
Perbedaan jenis kelamin
Siswa dapat menceritakan tentang jumlah anggota keluarga yang berjenis kelamin perempuan
26
Uraian



Perbedaan agama di Indonesia
Siswa dapat menyebutkan 3 agama yang disyahkan di Indonesia
27
Uraian



Perbedaan suku bangsa di Indonesia
Siswa dapat menyebutkan 3 suku bangsa di Indonesia
28
Uraian

2.   Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
Tertib di rumah
Siswa dapat menyebutkan 3 tata tertib di rumah
29
Uraian


2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Melaksanakan tata tertib di sekolah
Siswa dapat menyebutkan 3 contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah
30
Uraian


Previous
Next Post »
Thanks for your comment