ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas
: I ( Satu )
Hari
/ tanggal :
Waktu
:
Petunjuk Umum :
1.
Tulislah namamu di sudut kanan
atas !
2.
Bacalah setiap soal dengan
seksama !
3.
Kerjakan terlebuh dahulu soal
yang kamu anggap paling mudah !
4.
Periksalah kembali pekerjaanmu
sebelum kamu serahkan kepada bapak / ibu gurumu !
I. Berilah tanda
silang ( X ) pada huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling tepat !
- namanya susi berarti ia anak . .
. .
a. laki-laki
b. perempuan
c. pria
- nadia beragama islam
ia beribadah di
. . . .
a. gereja
b. pura
c. masjid
- anita dan made berbeda agama
meskipun begitu mereka hidup .
. . .
a. rukun
b. bersaing
c. bertengkar
- suku sunda berasal dari .
. . .
a. sumatra
b. jawa tengah
c. jawa barat
- ibu sedang mencuci
saya harus
. . . .
a. membantu
b. membiarkan
c. melihat
- dengan kakak dan adik harus
selalu . .
. .
a. bertengkar
b. rukun
c. bermusuhan
- nenek sedang sakit
saya harus
. . . .
a. diam saja
b. ditinggal pergi
c. menengok
- ketika bertemu guru di jalan
sebaiknya kamu mengucapkan .
. . .
a. selamat
b. salam
c. maaf
- doni tidak membawa pensil
doni tidak dapat menulis
sebaiknya kamu .
. . .
a. meminjami
b. membiarkan
c. memarahi
- makan bersama keluarga dapat
menambah . .
. .
a. keakraban
b. keangkuhan
c. kebencian
- hidup rukun di sekolah itu
memang . .
. .
a. menyedihkan
b. menyusahkan
c. menyenangkan
- rini
dan toni hidup
. . .
.
a.
susah
b.
gembira
c.
rukun
- tata tertib dibuat untuk
menciptakan . .
. .
a. kerusakan
b. keteraturan
c. kegaduhan
- rani belajar tanpa diperintah orang
tua
contoh di atas adalah tertib di .
. . .
a. rumah
b. sekolah
c. masyarakat
- sebelum masuk kelas murid .
. . di depan kelas
a. berlari
b. berbaris
c. bercanda
II. Isilah titik-titik di
bawah ini dengan jawaban yang tepat !
- andi dan anto berjenis kelamin .
. . .
- doni beragama kristen, fakih beragama
islam
mereka hidup
. . . .
- dengan ayah dan ibu kita harus .
. . .
- nenek sedang menyapu, kita
sebaiknya . .
. .
- teman yang sakit sebaiknya kita .
. . .
- hidup rukun membuat pekerjaan
menjadi . .
. .
- taat tata tertib rumah membuat
keluarga menjadi . .
. .
- dino selalu mematuhi tata tertib
sekolah
dino menjadi anak yang .
. . .
- rina anak yang tertib di rumah
maka setiap akan berangkat sekolah ia selalu
minta .
. . .
- ibu guru menjelaskan pelajaran
murid-murid
. . . .
III. Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
- di rumah siti ada ayah, ibu, robi
adik siti dan nenek
ada berapa orang yang berjenis kelamin perempuan
di rumah siti?
Jawab :
_________________________________________________________________
- sebutkan 3 agama yang disyahkan di
indonesia !
Jawab : _________________________________________________________________
- sebutkan 3 suku bangsa di indonesia !
Jawab : _________________________________________________________________
- sebutkan 3 tata tertib di rumah !
Jawab : _________________________________________________________________
- sebutkan 3 tata tertib di sekolah !
Jawab :
_________________________________________________________________
KUNCI JAWABAN PKn
KELAS I
I. Pilihan Ganda
- b 6.
b 11.
c
- c 7.
c 12.
c
- a 8.
b 13.
b
- c 9.
a 14.
a
- a 10.
a 15.
b
II. Isian
16. laki-laki 21.
ringan / cepat selesai
17. rukun 22. aman dan tentram
18. rukun 23.
pandai
19. membantu 24.
ijin
20. tengok 25.
duduk rapi / mendengarkan
III. Uraian
26. 3 orang ( siti, ibu, nenek
)
27. islam, katolik,
protestan ( kebijaksanaan guru )
28. jawa, sunda, bali (
kebijaksanaan guru )
29. - rajin bangun pagi
- rajin mandi pagi
- minta ijin jika akan bepergian
( kebijaksanaan guru )
30. tertib sebelum masuk
kelas, tertib mengikuti pelajaran, tertib belajar di kelas
( kebijaksanaan guru )
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
SEKOLAH DASAR / MI
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester :
I / 1
Kurikulum :
KTSP
Alokasi Waktu :
60 menit
Jumlah Soal :
30 butir
Bentuk Soal :
I. Pilihan Ganda 15 butir no.
1 -
15
II.
Isian 10
butir no. 16 - 25
III. Uraian 5
butir no. 26 - 30
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
I
|
1.
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
|
1.1. Menjelaskan perbedaan
jenis kelamin,agama dan suku bangsa
|
Perbedaan jenis kelamin
|
Siswa dapat menyebutkan jenis kelamin perempuan
|
1
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Perbedaan agama di Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan tempat ibadah agama islam
|
2
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Menjaga kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda
|
Siswa dapat menyebutkan sikap yang harus ditunjukan untuk menjaga
kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda
|
3
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Suku bangsa di Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan asal suku Sunda
|
4
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
1.2Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di
rumah dan di sekolah
|
Hidup rukun dengan ayah dan ibu
|
Siswa dapat menyebutkan sikap yang harus ditunjukan untuk hidup rukun
dengan ibu
|
5
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Hidup rukun dengan kakak dan adik
|
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan kakak
dan adik
|
6
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Hidup rukun dengan kakek dan nenek
|
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan nenek
|
7
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Hidup rukun dengan guru
|
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan guru
|
8
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Hidup rukun antar murid
|
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun antar murid
|
9
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan
di sekolah
|
Manfaat
hidup rukun di rumah
|
Siswa dapat menyebutkan manfaat makan bersama keluarga
|
10
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Manfaat
hidup rukun di sekolah
|
Siswa dapat menyebutkan manfaat hidup rukun di sekolah
|
11
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Contoh anak yang hidup rukun
|
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan gambar tentang anak yang hidup
rukun
|
12
|
Pilihan
Ganda
|
|
2. Membiasakan
tertib di rumah dan di sekolah
|
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib
di rumah dan di sekolah
|
Pentingnya
tata tertib di rumah
|
Siswa dapat menyebutkan pentingnya dibuat tata tertib
|
13
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah
dan di sekolah
|
Melaksanakan
tata tertib di rumah
|
Siswa dapat menyebutkan contoh melaksanakan tindakan tertib di rumah
|
14
|
Pilihan
Ganda
|
|
|
|
Melaksanakan
tata tertib di sekolah
|
Siswa dapat menyebutkan contoh melaksanakan tindakan tertib di sekolah
|
15
|
Pilihan
Ganda
|
II
|
1.
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
|
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan
suku bangsa
|
Perbedaan jenis kelamin
|
Siswa dapat menyebutkan jenis kelamin laki-laki
|
16
|
Isian
|
|
|
|
Menjaga kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda
|
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan kerukunan antar pemeluk
agama yang berbeda
|
17
|
Isian
|
|
|
1.2Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan
di rumah dan di sekolah
|
Hidup rukan dengan ayah dan ibu
|
Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan ayah dan
ibu
|
18
|
Isian
|
|
|
|
Hidup rukan dengan kakek dan nenek
|
Siswa dapat menyebutkan contoh sikap hidup rukun dengan nenek
|
19
|
Isian
|
|
|
|
Hidup rukan antar murid
|
Siswa dapat menyebutkan contoh sikap hidup rukun antar teman
|
20
|
Isian
|
|
|
1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan
di sekolah
|
Manfaat
hidup rukun di rumah
|
Siswa dapat menyebutkan manfaat hidup rukun di rumah
|
21
|
Isian
|
|
2.
Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
|
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah
dan di sekolah
|
Pentingnya
tata tertib di rumah
|
Siswa dapat menyebutkan pentingnya taat tata tertib di rumah
|
22
|
Isian
|
|
|
|
Pentingnya
tata tertib di sekolah
|
Siswa dapat menyebutkan pentingnya mematuhi tata tertib di sekolah
|
23
|
Isian
|
|
|
2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
|
Menemukan contoh pelaksanaan tata tertib di rumah
|
Siswa dapat menyebutkan contoh pelaksanaan tata tertib di rumah
|
24
|
Isian
|
|
|
|
Menemukan contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah
|
Siswa dapat menyebutkan contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah
|
25
|
Isian
|
III
|
1. Menerapkan hidup
rukun dalam perbedaan
|
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan
suku bangsa
|
Perbedaan jenis kelamin
|
Siswa dapat menceritakan tentang jumlah anggota keluarga yang berjenis
kelamin perempuan
|
26
|
Uraian
|
|
|
|
Perbedaan agama di Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan 3 agama yang disyahkan di Indonesia
|
27
|
Uraian
|
|
|
|
Perbedaan suku bangsa di Indonesia
|
Siswa dapat menyebutkan 3 suku bangsa di Indonesia
|
28
|
Uraian
|
|
2.
Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
|
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah
dan di sekolah
|
Tertib di rumah
|
Siswa dapat menyebutkan 3 tata tertib di rumah
|
29
|
Uraian
|
|
|
2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
|
Melaksanakan
tata tertib di sekolah
|
Siswa dapat menyebutkan 3 contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah
|
30
|
Uraian
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon