Soal dan Kunci Jawaban Matematika serta Kisi UAS I TA 2013/2014

ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Mata Pelajaran                       :    MATEMATIKA
Kelas                                        :    III (tiga)
Hari / Tanggal                        :   
Waktu                                     :   

Petunjuk umum :
1.    Tulislah namamu di sudut kanan atas.
2.    Bacalah setiap soal dengan seksama.
3.    Kerjakan dahulu soal yang kamu anggap paling mudah.
4.    Telitilah kembali jawabanmu sebelum kamu serahkan pada pengawas/guru.

I.         Isilah titik di bawah ini dengan benar!
1.                             ,             ,              ,             ,             ,
2.             3040, 3045, 3042, 3044, 3041, 3043
Uruttan bilangan di atas mulai dari yang terkecil adalah . . . .
3.             919, 922, 924, 921, 925, 923, 920
Urutan bilangan di atas mulai dari yang terbesar adalah . . . .
4.             Berilah tanda >, =, atau < !
(275 + 25)  . . .  (340 – 40)
Tanda yang tepat adalah . . . .
5.             Bilangan yang terletak di antara 845 dan 847 adalah . . . .
6.             
7.             1.909 lambang bilangan di samping dibaca  .  .  .  .
8.             Angka 9 pada bilangan 4.497 menempati nilai tempat  .  .  .  .
9.             426
342  +
     .  .  .  .
10.          5  9  8
6  8  7  +
     .  .  .  .
11.         814 – 502 = . . . .
12.              2  9  5
         69  -
     .  .  .  . 
13.           36
    2 x
     .  .  .  . 
14.         330 : 10 = . . . .
15.          (535 + 380) – 625 =  .  .  .  .
16.         Hasil dari 54 : 9 x 5 adalah  .  .  .  .
17.         Untuk mengukur waktu, alat ukur yang digunakan adalah . . . .
18.         5 Kg + 14 Ons = . . .  Ons
19.         420 menit + 2 jam = . . . jam
20.         3 Km – 500 m = . . . m

II.      Kerjakanlah soal di bawah ini dengan  jawaban yang tepat dan benar!
21.         Di dalam gudang terdapat 625 sak semen.
Dimasukkan lagi 255 sak semen.
Berapa sak semen yang terdapat dalam gudang?
Jawab  :  ........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
22.         Kantor tata usaha sekolah mempunyai 856 lembar kertas.
Sebanyak 573 diantaranya digunakan untuk mencetak pengumuman.
Berapa sisa kertasnya?
Jawab  :  ........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
23.         Bu Heni membuat kue donat sebanyak 587 buah.
Membuat lagi 269 buah dan terjual 100 buah.
Berapakah sisa kue Bu Heni yang belum terjual!
Jawab  :  ........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
24.         Berapakah hasil 20 x 6 : 2!
Jawab  :  ........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
25.         Pak Rokhim membeli bibit ikan lele 6 kantong plastik. Masing-masing kantong berisi 50 ekor ikan. Kemudian dimasukkan ke dalam 3 kolam sama banyak. Berapa banyak ikan di setiap kolam Pak Rokhim?
Jawab  :  ........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
26.         Ima mempunyai uang Rp. 20.000,- . Untuk membeli buku tulis Rp. 5.000, ; untuk membeli tempat pensil Rp.12.500,-. Berapa sisa uang Ima?
Jawab  :  ........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
27.         Apa yang digunakan untuk mengukur;
a.       Berat badan
b.      Panjang kain
c.       waktu
Jawab  :  ........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................
28.         Untuk mengetahui tinggi dan berat badan seseorang, dibutuhkan alat ukur apa saja?
Jawab  :  ........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
29.         Ana ke Jakarta selama 12 minggu tinggal di rumah bibi dan 28 hari tinggal di rumah nenek. Berapa harikah Ana tinggal di Jakarta?
Jawab  :  ........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
30.         Umur Siska 96 bulan. Umur Dita 3 tahun lebih tua daripada umur Siska.
Berapa tahunkah umur Dita?
Jawab  :  ........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................




A.    Kunci Jawaban UAS I Matematika Kelas III
Tahun Pelajaran 2013/2014
I.              .
1.        349, 350
2.        3040, 3041, 3042, 3043, 3044, 3045
3.        925, 924, 923, 922, 921, 920, 919.
4.        =
5.        846
6.        140
7.        Seribu sembilan ratus sembilan
8.        Puluhan
9.        768
10.    1.285
11.    312
12.    226
13.    72
14.    33
15.    915 – 625 = 290
16.    6 x 5 = 30
17.    Jam
18.    64 Ons
19.    9 Jam
20.    2500 m
II.           .
21.    625 + 255 = 880. Jadi semen di dalam gudang ada 880 sak.
22.    856 – 573 = 683. Jadi sisa kertas tinggal 683 lembar.
23.    58
24.    120 : 2 = 60
25.    (6 x 50) : 3 = 300 : 3 = 100. Jadi masing-masing kolam ada 100 ekor ikan.
26.    Rp.20.000 - Rp. 5.000 – Rp. 12.500 = Rp. 2.500,
27.    a. Timbangan badan, b. Metlin/meteran, c. Jam
28.    Meteran dan timbangan badan
29.    12 x 7 = 84 + 28 = 112
30. 11 tahun






KISI-KISI SOAL MATEMATIKA ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS III (TIGA)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


No.
Standar Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Materi

Indikator
Jenis Soal
No. Soal
Isian
Uraian
1.
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.1
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
1.1.1.     Letak bilangan pada garis bilangan.
1.1.2.     Mengurutkan suatu bilangan dari yang terkecil
1.1.3.     Mengurutkan suatu bilangan dari yang terbesar
1.1.4.     Menggunakan tanda <,> dan = pada perbandingan dua bilangan.
1.1.5.     Menentukan sebuah bilangan  yang terletak di antara dua bilangan.
1.1.6.     Menentukan pola pada barisan bilangan.
1.1.1.
1.1.2.

1.1.3.

1.1.4.

1.1.5.

1.1.6.
-    Dapat membilanga secara urut.
-    Dapat mengurutkan suatu bilangan dari yang terkecil.
-   Dapat mengurutkan bilangan dari yang terbesar
-   Dapat Menggunakan tanda <,> dan = pada perbandingan dua bilangan.
-    Dapat menentukan sebuah bilangan yang terletak diantara dua bilangan.
-    Dapat menentukan pola pada barisan bilangan






1

2

3

4

5

6

1.2
Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka.
1.2.1.     Membaca bilangan tiga angka.
1.2.2.     Menentukan nilai tempat suatu bilangan.
1.2.3.     Menjumlahkan dua bilangan tiga angka tanpa menyimpan.
1.2.4.     Menjumlahkan dua bilangan tiga angka dengan tekhnik menyimpan.
1.2.5.     Mengurangkan dua bilangan tiga angka tanpa meminjam.
1.2.6.     Mengurangkan dua bilangan tiga angka dengan tekhnik meminjam
1.2.7.     Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan.
1.2.8.     Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan.
1.2.9.     Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan dan pengurangan
1.2.1.
1.2.2.

1.2.3.

1.2.4.

1.2.5.

1.2.6.

1.2.7

1.2.8.

1.2.9
-    Dapat membaca bilangan tiga angka.
-    Dapat menentukan nilai tempat suatu bilangan.
-    Dapat melakukan operasi penjumlahan dua bilangan tiga angka tanpa menyimpan
-    Dapat melakukan operasi penjumlahan dua bilangan tiga angka dengan menyimpan
-    Dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
-    Dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam.
-    Dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan
-    Dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan.
-    Dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan





















7

8

9

10

11

12

21

22

23

1.3
Melakukan perkalian yang hasilnya tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.
1.3.1.     Perkalian , Melakukan perkalian yang hasilnya tiga angka.
1.3.2.     Melakukan pembagian bilangan tiga angka.
1.3.3.     Menyelesaikan soal cerita yang mengandung perkalian dan pembagian.
1.3.1.

1.3.2.

1.3.3.
-    Dapat melakukan perkalian yang hasilnya tiga angka dengan cara susun pendek.
-    Dapat melakukan pembagian bilangan tiga angka.
-    Dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang mengandung perkalian dan pembagian.









13

14

24

1.4
Melakukan operasi hitung campuran.
1.4.1.     Menghitung soal campuran penjumlahan dan pengurangan.
1.4.2.     Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian.
1.4.3.     Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
1.4.1.

1.4.2.

1.4.3.


-    Dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.
-    Dapat melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian.
-    Dapat memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.









15

16

25


1.5
Memecahkan masalah berhitung termasuk berkaitan dengan uang.
1.5.1.     Memecahkan masalah termasuk berkaitan dengan uang
1.5.1.


-    Dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan uang



26
2.          
Menggunakan pengukuran waktu , panjang, dan berat dalam pemecahan masalah.
2.1
Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya.
2.1.1.     Macam-macam alat ukur dan gunanya.
2.1.2.     Alat untuk mengukur tinggi dan berat badan.
2.1.1.

2.1.2.

-    Dapat menyebutkan 3 macam  alat ukur dan gunanya.
-    Dapat menggunakan alat ukur untuk mengukur tinggi dan berat badan.




27

28



2.2
Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
2.2.1.     Mengidentifikasi alat ukur

2.2.1
-    Dapat memilih alat ukur baku yang sesuai dengan benda yang diukur.



17


2.3
Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat.
2.3.1.     Hubungan antar satuan waktu bulan dan tahun.
2.3.2.     Hubungan antar satuan waktu minggu dan hari
2.3.3.     Hubungan antar satuan waktu menit dan jam
2.3.4.     Hubungan antar satuan panjang km dan m
2.3.5.     Hubungan antar satuan berat Kg dan Ons
2.3.1.

2.3.2.

2.3.3.

2.3.4.

2.3.5.
-    Dapat menentukan hubungan satuan waktu, bulan dan tahun.
-    Dapat menentukan hubungan satuan waktu minggu dan hari
-    Dapat menentukan hubungan satuan waktu menit dan jam
-    Dapat menentukan hubungan satuan panjang km dan m.
-    Dapat menentukan hubungan satuan berat Kg, dan Ons












30

29

19

20

18
Previous
Next Post »
Thanks for your comment