Materi : Wawasan Kependidikan
KERJAKAN SOAL-SOAL DI BAWAH INI !
1. Sebutkan 5 (lima) prinsip pengembangan silabus!
2. Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen pasal 20, disebutkan dalam melaksanakan tugas
keprofesionalan, guru mempunyai 5 kewajiban. Sebutkan!
3. Apabila guru yang diangkat oleh pemerintah atau pemerintah daerah tidak menjalankan kewajiban
akan dikenai sanksi sesuai peraturan perundang-undangan. Sebutkan 6 sanksi tersebut!
4. Jelaskan pengertian di bawah ini!
a. Penilaian pendidikan.
b. Ulangan harian.
c. Ulangan akhir semester.
d. Ulangan kenaikan kelas.
5. Menurut UU No. 14 tahun 2005 pasal 7, sebutkan 5 (lima) prinsip profesionalitas guru!
6. a. Singkatan dari apakah DP3 itu?
b. Bagi guru ada berapa dan sebutkan unsur/ komponen yang dinilai dalam DP3!
7. Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) prinsip Kegiatan Belajar Mengajar!
8. Sebutkan kriteria penetapan KKM!
9. Apa yang dimaksud Pembelajaran Cooperative Learning (CL)? Berilah tiga tipe model CL!
10.Sebutkan dan jelaskan 5 (lima) metode dalam melaksanakan proses pembelajaran!
KUNCI JAWABAN
1. Prinsip pengembangan Silabus:
a. Ilmiah
b. Relevan
c. Sistematis
d. Konsisten
e. Memadai
f. Aktual dan Kontekstual
g. Fleksibel
h. Menyeluruh
2. UU Guru dan Dosen pasal 20:Dalam melaksanakan tugasn keprofesionalan, guru berkewajiban:
a. Merencanakan pembelajaran, melaksanakan prosess pembelajaran yang bermutu, serta menilai
dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
b. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan
sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
c. Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku,
ras,dan kondisi fisik tertentu, atau latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi peserta didik
dalam pembelajaran;
d. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum dan kode etik giri, serta nilai-nilai agama dan etika;
e. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.
3. Sanksi bila guru tidak menjalankan kewajiban sesuai pasal 20 UU No. 14 tahun 2005
a. Teguran;
b. Peringatan tertulis;
c. Penundaan pemberian hak guru;
d. Penundaan pangkat;
e. Pemberhentian dengan hormat; atau
f. Pemberhentian tidak dengan hormat.
4. Jelaskan pengertian di bawah ini!
a. Standar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang
berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil
belajar siswa
b. Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan
informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
c. Ulangan harian adalah Kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk
mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu
kompetensi dasar.
d. Ulangan akhir semester adalah Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik
untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester.
Cakupan semua KD.
e. Ulangan kenaikan kelas
5. Menurut UU No. 14 tahun 2005 pasal 7, prinsip profesionalitas guru!
Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia;
Memiliki kualitas akademik dan latar belakang pendidikan sesuai bidang tugas;
Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
Memiliki tanggung jawab atas pelaksanakan tugas keprofesionalan;
Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;
Memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat,
Memiliki jaminan perlindungan hkum dalm melaksanakan tugas keprofesionalan,
Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan denga tugas keprofesionalan guru
6. a. DP3 = Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan
b. Unsur/komponen yang dinilai
1) esetiaan
2) restasi kerja
3) Tanggung jawab
4) Ketaatan
5) Kejujuran
6) Kerja sama
7) Prakarsa
8) Kepemimpinan (bagi KS)
7. Prinsip Kegiatan Belajar Mengajar:
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
f. 6
g. 7
8. Kriteria Penetapan KKM:
1) Kompleksitas indikator (Kesulitan dan kerumitan)
2) Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
3) Intake siswa (masukan kemampuan siswa)
9. Pembelajaran Cooperative Learning adalah Model pembelajaran
bersama-sama dalam satu kelompok dengan jumlah anggota antara tiga
sampai lima orang. Para anggota bekerjasama dan saling membantu dalam
menyelesaikan tugas yang telah diberikan guru.
Contoh tipe model CL:
a. Role Playing (Sosiodrama)
b. Problem Solving (Pemecahan Masalah)
c. Diskusi kelompok
d. Karya wisata
10. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Demonstrasi
d. Eksperimen
e. Tugas dan Resitasif.
f. Sosiodrama
g. Discovery dan Inkuiri, dll.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon