RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri ..........
Kelas/Semester : IV/I
Tema : 3. Peduli Terhadap Mahluk Hidup
Sub Tema : 1. Hewan dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran ke- : 1 (satu)
Waktu Pelaksanaan :
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
SBdP
3.2 Mengenal gambar alam benda dan kolase
4.2 Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan
Matematika
3.1 Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda konkrit/gambar
3.13 Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda konkrit/gambar
4.13 Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi kenungkinan jawaban
IPA
3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya.
4.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar ( morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
C. Indikator
SBdP
1. Menciptakan karya seni kolase menggunakan bahan alam dan barang bekas
Matematika
1. Menentukan pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel
2. Membedakan pecahan senilai dan tidak senilai setelah melakukan eksplorasi dengan gambar pecahan dan diskusi kelas
IPA
1. Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar
2. Menulis hasil pengamatan bentuk luar tubuh hewan dan fungsinya
D. Tujuan Pembelajaran
1.Setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel, siswa mampu menentukan nilai pecahan dengan benar.
2.Setelah melakukan eksplorasi dengan gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan pecahan yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.
3.Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya dengan benar.
4.Dengan menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa mampu membuat karya seni kolase dengan teknik yang benar
E. Materi Ajar
1. Pecahan
Pecahan dapat digunakan untuk menyebutkan bagian dari sekelompok benda.
Contoh :
Ada 12 hewan dalam suatu kelompok, 4 dari hewan tersebut adalah burung.
4 Jumlah burung dalam kelompok
12 jumlah seluruh hewan
Pertanyaan: Berapakah jumlah burung terhadap jumlah seluruh hewan
Jawaban : 4
12
2. Kolase
Kolase (colage) adalah sebuah cabang dari seni rupa yang meliputi kegiatan menempel potongan-potongan kertas atau material lain untuk membentuk sebuah Desain atau rancangan tertentu. (kamus modern Art. A, Collins-Concise Encyclopedia)Semua kegiatan adalah merupakan’Perakitan’ beraneka bahan dasar menjadi sebuah karya seni. Misal, merakit dan merekatkan kertas, kayu, metal, barang-barang bekas,bahkan sampah kedalam media hiasan dinding. Begitu pula, semua media lukisan yang ditambahi dan ditempeli asesoris berbagai bentuk benda sesuai aslinya.
3. Bagian tubuh hewan dan fungsinya
Bagian tubuh Burung
× Paruh untuk makan
× Sayap untuk terbang
× Kaki untuk mencakar dan hinggap
× Ekor untuk kemudi dan keseimbangan
F. Alokasi Waktu
5 X 35 Menit
G. Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan:Saintifik (Scientific).
Metode: Pengamatan, Diskusi (Discussion), Percobaan (Eksperimen)
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Cerimonial
|
· Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
· Mengecek kehadiran peserta didik
|
5 Menit
|
Pendahuluan
|
· Sebelum guru memulai pebelajaran, guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Kebunku”. Siswa menyampaikan perasaan dan pendapatnya, guru dapat melontarkan beberapa pertanyaan untuk memancing antusiasme siswa.
· Guru menyampaikan ruang lingkup materi yang akan dipelajari yaitu tentang tema “Peduli Terhadap Mahluk Hidup” dan sub tema “Hewan dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku”
· Guru menyampaikan manfaat mempelajari tema “Peduli Terhadap Mahluk Hidup” dalam kehidupan sehari-hari
|
20 menit
|
Inti
|
· Siswa mengamati gambar, membaca teks, dan menjawab pertanyaan, dan kemudian mendiskusikan jawaban dalam kelompok. Ketika siswa berdiskusi, guru berkeliling sambil membuat catatan (menilai dengan rubrik). Guru mengingatkan siswa untuk berbicara secara bergiliran dan siswa dimotivasi mengajukan pertanyaan kepada teman untuk menggali informasi lebih lanjut. Guru meminta beberapa siswa untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
· Siswa dipandu menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa untuk memahami konsep pecahan, khususnya pecahan yang merupakan bagian dari sekelompok benda.
· Setelah memahami pecahan yang merupakan bagian dari suatu kelompok benda, siswa diajak bereksplorasi dengan pecahan yang merupakan bagian dari suatu benda utuh.
· Siswa memperkirakan pecahan sederhana dengan cara menggambarkan di gambar pohon yang terdapat pada buku siswa. Kemudian, siswa diminta menceritakan.
· Guru memandu siswa memahami pecahan sebagai bagian benda utuh melalui eksplorasi dengan media gambar batang pada buku guru yang ditampilkan melalui proyektor.
· Siswa menemukan pecahan senilai dalam bentuk peta pikiran untuk pecahan. (Penilaian no. 2)
Bagian Tubuh Hewan dan Fungsinya
· Siswa mengamati bagian tubuh merpati yang terdapat di buku siswa dan melengkapi tabel yang telah disediakan. Kegiatan ini merupakan pengenalan awal untuk bagian-bagian tubuh hewan dan diharapkan dapat membantu siswa dalam melaksanakan observasi tentang hewan di lingkungan rumah mereka. (Penilaian no. 3)
· Siswa membuka halaman 4 pada buku siswa. Siswa menempel kertas atau bahan lain untuk mengenalkan seni rupa berupa kolase membentuk sebuah desainatau rancangan tertentu. Guru mendemonstrasikan cara menempel yang baik. Siswa diingatkan untuk bekerja rapi. Guru dapat membaca teks di halaman 8 buku guru untuk memperluas wawasan tentang seni menempel kolase. (Penilaian no.1)
• Siswa menuliskan perenungan mereka di buku siswa
|
75 menit
60 Menit
|
Penutup
|
· Pesertadidik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
· Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
· Guru melakukan penilaian
· Guru menyampaikan pesan moral untuk peduli terhadap mahluk hidup di lingkungan sekitar rumah dan sekolah, serta selalu menjaga kelestarian alam.
· Salam dan doa penutup.
|
15 menit
|
I. Penilaian.
1. Daftar periksa (checklist).
2. Penilaian matematika dengan angka
3. Penilaian sikap selama bekerja kelompok
4. Unjuk kerja pembuatan kolase dinilai dengan rubrik
J. Sumber dan Media Pembelajaran
Daun kering atau bahan lain dari alam dan bulu ayam / burung / bebek
Adimulyo, 11- 2014
Kepala Sekolah Dasar Guru Kelas 4
MUH,S.Pd HAN, S.Pd
NIP.
Penilaian
1. Rubrik Penilaian Kolase. (SBDP)
Kriteria
|
Perlu berlatih
|
Cukup bagus
|
Bagus sekali
|
Desain
|
Seluruh bahan
dipotong dengan
ukuran dan bentuk
yang tepat dan
disusun dengan rapi.
(3)
|
Sebagian besar bahan
dipotong dengan ukuran
dan bentuk yang tepat dan
disusun dengan rapi.
(2)
|
Sedikit bahan
dipotong dengan
ukuran dan bentuk
yang tepat dan
disusun dengan rapi.
(1)
|
Bahan
|
menggunakan
sedikitnya 4 jenis
bahan alam.
(3)
|
menggunakan 3 jenis
bahan alam.
(2)
|
menggunakan 2 jenis
bahan alam.
(1)
|
Waktu
|
Menyelesaikan
sesuai dengan waktu
yang ditentukan.
(1.5)
|
Menyelesaikan 5 menit
setelah waktu yang
ditentukan.
(1)
|
Tidak menyelesaikan
dalam waktu yang
ditentukan.
(0.5)
|
Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilai X 10
7,5
Contoh : 2+ 3+ 1,5 X 10 = 6,5 = 0,867 x 10 = 8,7
7,5 7,5
2. Lembar kerja matematika pecahan dinilai dengan angka. (Matematika)
3. Fungsi dan bagian tubuh burung dinilai dengan daftar periksa. (IPA)
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Siswa mampu menuliskan fungsi paruh dengan benar
| ||
2
|
Siswa mampu menuliskan fungsi sayap dengan benar
| ||
3
|
Siswa mampu menuliskan fungsi ekor dengan benar
| ||
4
|
Siswa mampu menuliskan fungsi cakar dengan benar
|
4. Penilaian sikap teliti, kreatif, rasa ingin tahu
LAMPIRAN
Penilaian 1. Rubrik Penilaian Kolase. (SBdP)
No
|
Nama
|
KRITERIA
|
JML SKOR
|
NILAI
| ||
1
|
2
|
3
| ||||
|
Keterangan :
Kriteria 1 : Desain
Skor = 3. Seluruh bahan dipotong dengan ukuran dan bentuk yang tepat dan disusun dengan rapi
Skor = 2. Sebagian besar bahan dipotong dengan ukuran dan bentuk yang tepat dan disusun dengan rapi
Skor = 1. Sedikit bahan dipotong dengan ukuran dan bentuk yang tepat dan disusun dengan rapi
Kriteria 2 : Bahan.
Skor = 3. Menggunakan sedikitnya 4 jenis bahan alam
Skor = 2. Menggunakan sedikitnya 3 jenis bahan alam
Skor = 1. Menggunakan sedikitnya 2 jenis bahan alam
Kriteria 3 : Waktu
Skor = 1,5. Menyelesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan
Skor = 1. Menyelesaikan 5 menit setelah waktu yang ditentukan
Skor = 0,5. Tidak menyelesaikan dalam waktu yang ditentukan
Penilaian 2 Lembar kerja matematika pecahan dinilai dengan angka. (Matematika)
Penilaian 3 Fungsi dan bagian tubuh burung dinilai dengan daftar periksa. (IPA)
No
|
Nama
|
IPA
|
Matematika
| |||
1
|
2
|
3
|
4
|
angka
| ||
Keterangan :
Kriteria 1 : Siswa mampu menuliskan fungsi paruh dengan benar
Kriteria 2 : Siswa mampu menuliskan fungsi sayap dengan benar
Kriteria 3 : Siswa mampu menuliskan fungsi ekor dengan benar
Kriteria 4 : Siswa mampu menuliskan fungsi cakar dengan benar
Penilaian 4. Penilaian Sikap
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
SKOR
|
NILAI
|
KETERANGAN
| ||
1
|
2
|
3
| |||||
Keterangan :
1. Kolom sikap diisi dengan nilai huruf (A, B, C, D)
A : Membudaya (4)
|
C : Mulai Terlihat (2)
D : Belum Terlihat (1)
2. Keterangan Sikap :
1 : Rasa ingin tahu
2 : Kreatif
3 : Teliti
Menyanyikan Lagu
Lihat kebun Ku
Lihat kebunku penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari kusiram semua
Mawar melati semuanya indah
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon