PEMERINTAH
KABUPATEN KEBUMEN
UPT DINAS DIKPORA UNIT KECAMATAN
................................
SD
NEGERI ..................................
ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : I ( satu)
Hari/tanggal :
Waktu :
PETUNJUK UMUM :
1. Tulislah
namamu di sudut kanan atas!
2. Bacalah
setiap soal dengan seksama!
3. Kerjakan
lebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah!
4. Telitilah
kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada bapak/ibu guru!
I.
Berilah
tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b atau c di depan jawaban yang paling
tepat!
1. kelengkapan ayat di samping adalah ...
a.
|
b.
|
c.
|
2. Salah
satu ciptaan Alloh yang ada di lingkungan kelas adalah ...
a. Kayu
|
b. Kursi
|
c. Papan
tulis
|
3. Rukun
iman ketiga adalah percaya kepada ...
a.
Malaikat Alloh
|
b.
Rosul Alloh
|
c.
Kitab Alloh
|
4. Salah
satu contoh perbuatan jujur adalah selalu dapat ...
a. Dipercaya
|
b. Diperintah
|
c. Dianiaya
|
5. Contoh
kehidupan bersih adalah ... dua kali sehari.
a.
Menyapu
|
b.
Mandi
|
c.
Makan
|
6. Jika
tidak ada air, boleh bersuci menggunakan ...
a.
Terigu
|
b.
Plastik
|
d.
Debu
|
7. Rukun
Islam kedua adalah ...
a. Puasa
|
b. Salat
|
c. Zakat
|
8. ... kelanjutan ayat
disamping adalah ...
a.
|
b.
|
c.
|
9. Termasuk surat Al Asr ayat ...
a. Satu
|
b. Dua
|
c. Tiga
|
10. Adalah
syahadat ...
a. Malaikat
|
b. Tauhid
|
c. Rosul
|
11. Syahadat
Tauhid kesaksian tidak ada Tuhan Selain ...
a. Alloh
|
b. malaikat
|
c. Rosul
|
12. Anak
yang rajin beribadah akan mendapat ...
a. Sadakoh
|
b. Pahala
|
c. Amal
|
13. Bicara
dengan orang tua harus ...
a. Sopan
|
b. Lantang
|
c. Keras
|
14. Kita
makan menggunakan tangan ...
a. dua
tangan
|
b. kiri
|
c. kanan
|
15. Rukun
wudlu yang pertama adalah ...
a. Membasuk
muka
|
b. niat
|
c. tertib
|
II. Isilah
titik-titik dibawah ini dengan benar.
16. Surat
Al Fatihah terdiri dari ... ayat
17. Rukun
Iman kedua, iman kepada ...
18. Tanggung
jawab anak sekolah adalah ...
19. Anak
disiplin ... berangkat sekolah.
20. Bersuci
sebelum salat disebut ...
21. Solat
sehari semalam ... kali
22. An
Nasr artinya ...
23. Ashadu
alla ilaha illalah disebut syahadat ...
24. Tolong
menolong membuat pekerjaan cepat ...
25. Kalau
guru menerangkan, kita harus ...
III. Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar!
26. Di
kota mana surat Al Fatihah diturunkan?
Jawab
: ........................................................................................................................
27. Untuk
menghilangkan apa kita berwudlu?
Jawab
:
........................................................................................................................
28. Apa
arti lafal Al Asr?
Jawab
:
........................................................................................................................
29. Ayat
pertama surat Al Fatihah disebut bacaan apa?
Jawab
: ........................................................................................................................
30. Ada
berapa jumlah rukun islam?
Jawab
:
........................................................................................................................
Download Kunci Jawaban DISINI
KISI-KISI PEMBUATAN SOAL UKK
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
No
soal
|
Bentuk
soal
|
1.
|
Menghafal
Al Qur’an surat pendek pilihan
|
Melafalkan
QS Al Fatihah dengan lancar
|
Surat
Al Fatihah
|
Siswa
menghafalkan QS Al Fatihah dengan lancar dan benar
|
Disajikan
ayat ke V surat Al Fatihah yang belum lengkap, siswa dapat memilih
kelengkapannya
|
1
|
Pil
Ganda
|
2.
|
Mengenal
Rukun Iman
|
Menunjukkan
ciptaan Alloh SWT
|
Rukun
Iman
|
Siswa
menunjukkan ciptaan Alloh dilingkungan kelas
|
Siswa
dapat menunjukkan ciptaan Alloh yang ada dilingkungan kelas
|
2
|
Pil
Ganda
|
Membiasakan
perilaku jujur
|
Menghafalkan
satu persatu rukun Iman
|
Rukun
Iman
|
Siswa
menghafalkan ciptaan Alloh dilingkungan kelas
|
Siswa
dapat menunjukkan rukun Iman yang ke tiga
|
3
|
Pil
Ganda
|
|
3.
|
Membiasakan
perilaku jujur
|
Membiasakan
perilaku jujr
|
Jujur
|
Siswa
memberi contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa
mampu menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
Pil
Ganda
|
Membiasakan
hidup bersih
|
Hidup
bersih
|
Siswa
memberi contoh hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa
mampu menunjukkan perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari
|
5
|
Pil
Ganda
|
||
4.
|
Mengenal
tata cata bersuci
|
Menyebutkan
tata cara bersuci
|
Bersuci
|
Siswa
menyebutkan alat-alat bersuci
|
Siswa
mampu memilih salah satu alat bersuci jika tidak ada air
|
6
|
Pil
Ganda
|
5.
|
Mengenal
Rukun Islam
|
Menghafal
Rukun Islam
|
Rukun
Islam
|
Siswa
menghafal satu persatu rukun Islam
|
Siswa
mampu menunjukkan rukun islam yang kedua
|
7
|
Pil
Ganda
|
6.
|
Menghafal
surat-surat pendek dalam Al Qur’an
|
Menghafalkan
surat Al Kautsar
|
Surat
Al Kausar
|
Siswa
menghafalkan surat Al Kausar dengan benar
|
Disajikan
ayat kedua Surat Al Kausar yang belum lengkap siswa dapat memilih kelengkapannya
|
8
|
Pil
Ganda
|
Menghafalkan
surat Al Asr dengan benar
|
Surat
Al Asr
|
Siswa
melafalkan surat Al Asr dengan lancar
|
Disajikan
salah satu ayat surat Al Asr siswa dapat menunjukkan urutan ayat tersebut
|
9
|
Pil
Ganda
|
||
7.
|
Mengenal
dua kalimat syahadat
|
Melafalkan
syahadat Tauhid dan syahadat Rosul
|
Syahadat
Tauhid & syhadat Rosul
|
Siswa
melafalkan dua kalimat syahadat
|
Disajikan
salah satu lafal syahadat siswa dapat menunjukkan nama syahadat tersebut
|
10
|
Pil
Ganda
|
Mengartikan
dua kalimat syahadat
|
Dua
kalimat syahadat
|
Siswa
melafalkan dua kalimat kalimat syahadat dan artinya
|
Siswa
dapat menunjukkan arti dari syahadat Tauhid
|
11
|
Pil
Ganda
|
||
8.
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
Menampilkan
perilaku terpuji
|
Perilaku
rajin
|
Siswa
menunjukkan perilaku rajin
|
Siswa
mampu menunjukkan keuntungan perilaku rajin
|
12
|
Pil
Ganda
|
Menampilkan
perilaku hormat terhadap orang tua
|
Perilaku
hormat terhadap orang tua
|
Menunjukkan
contoh perilaku hormat kepada orang tua
|
Siswa
mampu menunjukkan contoh perilaku hormat kepada orang tua
|
13
|
Pil
Ganda
|
||
Menampilkan
adab makan dan minum
|
Adab
makan dan minum
|
Menunjukkan
adab makan dan minum
|
Siswa
mampu menunjukkan rukun wudu yang pertama
|
14
|
Pil
Ganda
|
||
9.
|
Membiasakan
bersuci
|
Menyebutkan
tata cara ber wudlu
|
Tata
cara berwudlu
|
Menunjukkan
tata cara berwudlu
|
Siswa
mampu menunjukkan rukun wudlu yang pertama
|
15
|
Pil
Ganda
|
10.
|
Menghafal
Al Qur’an surat-surat pendek
|
Menghafalkan
surat Al Fatihah dengan benar
|
Surat
Al Fatihah
|
Menunjukkan
dan melafalkan ayat-ayat surat Al Fatihah
|
Siswa
mampu menyebutkan jumlah ayat pada surat AL Fatihah
|
16
|
Isian
|
11.
|
Mengenal
Rukun Iman
|
Menyebutkan
enam rukun Iman
|
Rukun
Iman
|
Menyebutkan
enam rukun Iman
|
Siswa
mampu menyebutkan rukun Iman yang kedua
|
17
|
Isian
|
12.
|
Membiasakan
perilaku jujur
|
Membiasakan
perilaku bertanggung jawab
|
Bertanggung
jawab
|
Siswa
memberi contoh perilaku bertanggung jawab
|
Siswa
mampu menyebutkan contoh tanggung jawab sebagai anak sekolah
|
18
|
Isian
|
Membiasakan
perilaku disiplin
|
Disiplin
|
Siswa
memberi contoh perilaku disiplin
|
Siswa
mampu menyebutkan disiplin sebagai anak sekolah
|
19
|
Isian
|
||
13.
|
Mengenal
tata cara bersuci
|
Mencontoh
tata cara bersuci
|
Bersuci
/ taharoh
|
Siswa
menyebutkan tata cara bersuci
|
Siswa
mampu menyebutkan cara bersuci sebelum salat
|
20
|
Isian
|
14.
|
Mengenal
rukun islam
|
Menghafal
rukun islam
|
Rukun
islam
|
Siswa
menyebutkan rukun islam kedua
|
Siswa
mampu menyebutkan banyaknya orang islam dalam mengerjakan salat sehari
semalam
|
21
|
Isian
|
15.
|
Menghafal
surat-surat pendek dalam Al Qur’an
|
Menghafal
QS An Nashr dengan lancar
|
Surat
An Nashr
|
Siswa
menghafal surat An Nashr dengan lancar
|
Siswa
mampu menyebutkan arti dari An Nashr
|
22
|
Isian
|
16.
|
Mengenal
dua kalimat syahadat
|
Menghafalkan
dua kalimat syahadat
|
Dua
kalimat syahadat
|
Siswa
mengidentifikasikan kalimat syahadat
|
Disajikan
lafal siswa mampu mengidentifikasikan
syahadat tersebut
|
23
|
Isian
|
17.
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
Menampilkan
perilaku tolong menolong
|
Perilaku
tolong menolong
|
Menyebutkan
keuntungan tolong menolong
|
Siswa
dapat menyebutkan keuntungan menolong pekerjaan
|
24
|
Isian
|
18.
|
Menampilkan
adab belajar
|
Adab
belajar
|
Menyebutkan
adab belajar di sekolah
|
Siswa
dapat menyebutkan adab belajar di sekolah
|
25
|
Isian
|
|
19.
|
Melafalkan
Al Qur’an surat pendek pilihan
|
Melafalkan
QS Al Fatihah dengan lancar
|
Surat
Al Fatihah
|
Siswa
mengetahui tempat turunnya surat Al Fatihah
|
Siswa
mampu menyebutkan nama tempat turunnya surat AL Fatihah
|
26
|
Isian
|
20.
|
Mengenal
tata cara bersuci
|
Menyebutkan
pengertian tata cara bersuci
|
Bersuci
/ Taharoh
|
Menyebutkan
manfaat bersuci
|
Siswa
mampu menyebutkan manfaat bersuci
|
27
|
Isian
|
21.
|
Menghafal
surat-surat pendek dalam Al Qur’an
|
Menghafal
QS Al Asr dengan lancar
|
Surat
Al Asr
|
Menghafal
surat Al Asr
|
Siswa
mampu menyebutkan arti dari Al Asr
|
28
|
Isian
|
22.
|
Menghafal
Al Qur’an surat pilihan
|
Menghafal
Al Qur’an surat Al Fatihah dengan lancar
|
Surat
Al Fatihah
|
Menghafal
surat Al Fatihah
|
Siswa
dapat menyebutkan nama bacaan surat Al Fatihah ayat pertama
|
29
|
Isian
|
23.
|
Mengenal
Rukun Islam
|
Menghafal
Rukun Islam
|
Rukun
Islam
|
Siswa
menghafal semua Rukun Islam
|
Siswa
dapat menyebutkan jumlah Rukun Islam
|
30
|
Isian
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon