No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
NO Soal
|
Bentuk Soal
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
1.
|
2. Menghargai peran antar tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan
|
2.1 Mendiskusikan perjuangan para tokoh pejuang
pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Perjuangan para tokoh saat dijajah Belanda dan
Jepang
|
Tanggal 22 Juni 1596 Belanda pertama kali datang
di Indonesia
|
Siswa dapat menceritakan awal peristiwa jatuhnya
Nusantara ke tangan kekuasaan Belanda
|
1
|
|
Isian
|
|
-
Sultan Hasanudin pemimpin perlawanan rakyat
terhadap VOC di Sulawesi Selatan
-
Belanda dapat menguasai daerah di Indonesia belum
ada persatuan dan kesatuan
|
-
Siswa dapat menyebutkan nama pemimpin perlawanan
terhadap VOC di Sulawesi Selatan
-
Siswa dapat menyebutkan penyebab Belanda dapat
menguasai daerah di Indonesia
|
2
|
16
|
Isian
|
Uraian
|
||||
-
18 November 1912 di Yogyakarta berdiri
Muhamadiyah, pendiri Ahmad Dahlan
-
Belanda dapat menguasai daerah-daerah di Indonesia
karena rakyat Indonesia belum bersatu.
|
-
Siswa dapat menyebutkan Perguruan Islam di
Yogyakarta sebagai pendiri Ahmad Dahlan
-
Siswa dapat menyebutkan semboyan Ki Hajar
Dewantoro
|
3
|
17
|
Isian
|
Uraian
|
||||
-
Organisasi pergerakan Budi Utomo didirikan oleh
Dr. Sutomo
|
-
Siswa dapat menyebutkan pendiri pergerakan
nasional Budi Utomo
|
4
|
|
Isian
|
|
||||
-
Pada perang Dunia II Jepang tergabung dengan blok
sentral
-
Perlawanan di Cot Plieng Jawa Barat di pimpin oleh
Teuku Abdul Jalil
|
-
Siswa dapat menyebutkan nama blok yang tergabung
dengan Jepang
-
Siswa dapat menyebutkan pemimpin perlawanan
terhadap Jepang di Cot Plieng Jawa Barat
|
5
6
|
|
Isian
Isian
|
|
||||
Kiai Zaenal Mustafa, pemimpin perlawanan terhadap
Jepang di Singaparna Jawa Barat
Penyebab kegagalan perlawanan Peta di Blitar
antara lain
-
Persiapan belum matang
-
Belum ada kerja sama
-
Rakyat tidak siap mendukungnya.
|
-
Siswa dapat menyebutkan tempat perlawanan rakyat
Indonesia yang dipimpin oleh Kiai Zaenal Mustafa
-
Siswa dapat menyebutkan penyebab kegagalan
perjuangan Peta di Blitar.
|
7
|
18
|
Isian
|
Uraian
|
||||
-
Kerja paksa pada jaman penjajahan Jepang atau
Romusha
-
Yang dilakukan Daendeles untuk mempertahankan
Pulau Jawa
-
Membuat jalan Anyer Penarukan dengan sistem kerja
rodi.
|
-
Siswa dapat menyebutkan nama lain kerja paksa pada
jaman penjajahan Jepang
-
Siswa dapat menjelaskan yang dilakukan Daendeles
untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris
|
8
|
19
|
Isian
|
Uraian
|
||||
-
Sistem kerja paksa pada masa pemdudukan Jepang
disebut rodi
-
Jepang menduduki Indonesia karena Indonesia kaya
rempah
|
-
Siswa dapat menyebutkan nama sistem kerja pada
masa penjajahan Belanda
-
Siswa dapat menyebutkan alasan Jepang menduduki
Indonesia.
|
9
|
20
|
Isian
|
Uraian
|
||||
|
|
2.2 Menghargai jasa dan pernanan tokoh perjuangan
dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan
|
Ir. Soekarno sebagai Ketua panitia kecil /
sembilan dalam mempersiapkan kemerdekaan
|
Siswa dapat menyebutkan ketua panitia kecil untuk
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
10
|
|
Isian
|
|
|
|
Naskah proklamasi di susun di kediaman Laksamana
Maeda
-
Warga negara di Indonesia timur tidak menyetujui
sila pertama rumusan Piagam Jakarta
|
-
Siswa dapat menyebutkan rumusan yang dditulis di
kediaman Laksamana Maeda sebelum merdeka
-
Siswa dapat menyebutkan alasan sila pertama hasil
rumusan Piagam Jakarta dirubah.
|
11
|
21
|
Isian
|
Uraian
|
||
|
|
Rumusan sila pertama hasil Piagam Jakarta
menjalankan sariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
-
Anggota panitia sembilan Ir. Soekarno, Drs Moh
Hatta, Mr M Yamin, M Ahmad Subarjo, Mr AA Maramis, Abdul Kadir Muzakir, dll
|
-
Siswa dapat menyebutkan sila pertama hasil
keputusan panitia sembilan
-
Siswa dapat menyebutkan empat anggota panitia
sembilan
|
12
|
22
|
Isian
|
Uraian
|
||
|
|
|
Ir. Soekarno, Prof Supomo dan Moh Yamin dalam
sidang BPUPKI merumuskan dasar negara Hasil sidang I PPKI mengesahkan UUD
memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden membuat dan merumuskan dasar negara
|
-
Siswa dapat menyebutkan tokoh yang berperan dalam
merumuskan dasar negara (sidang BPUPKI)
-
Siswa dapat menyebutkan hasil sidang ertama PPKI
|
13
|
23
|
Isian
|
Uraian
|
|
|
|
Soekarno Hatta sebagai plokamator
Moh Yamin berperan dalam membuat dan merumuskan
dasar negara
|
-
Siswa dapat menyebutkan 2 plokamator
-
Siswa dapat menyebutkan peranan Moh Yamin dalam
mempersiapkan kemerdekaan
|
14
|
24
|
Isian
|
Uraian
|
||
|
|
Sikap pahlawan rela berkorban pantang menyerah
menjaga persatuan dan kesatuan
-
10 Nopember diperingati sebagai hari pahlawan
|
-
Siswa dapat menyebutkan menghargai jasa pahlawan
-
Siswa dapat menyebutkan tanggal / waktu di
peringati hari pahlawan
|
15
|
25
|
Isian
|
Uraian
|
I.
Isilah titik-titik dibawah ini
dengan jawaban yang tepat!
1.
Belanda datang pertama kali di Indonesia
pada tanggal ...
2.
Perlawanan terhadap VOC
di Sulawesi selatan dipimpin oleh ...
3.
Tokoh pergerakan nasional pada gambar
disamping adalah pendiri ... di Yogyakarta pada tanggal 18
November 1912.
4.
Organisasi pergerakan nasional Budi
Utomo didirikan oleh ...
5.
Pada perang dunia 2, Jepang bergabung
dengan blok ...
6.
Perlawanan terhadap Jepang di Cot Plieng
dipimpin oleh ...
7.
Kiai Zaenal Mustafa merupakan pimpinan
perlawanan terhadap Jepang di ...
8.
Kerja paksa pada jaman penjajahan Jepang
disebut ...
9.
Sistem kerja paksa masa penjajahan
Belanda di namakan ...
10. Sebelum
Kemerdekaan Indonesia dibentuk panitia kecil yang diketuai oleh ...
11. Di
kediaman Laksamanan Maeda rumusan naskah ... dibuat sebelum merdeka.
12. Ketuhanan
dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya, merupakan salah satu rumusan
dasar negara yang dibuat oleh ...
13. Ir.
Sokarno Prof. Supomo dan
... dalam sidang
pertama BPUPKI berperan dalam merumuskan dasar negara.
14. Dua
tokoh penting yang gigih mempersiapkan kemerdekaan Indonesi, sehingga dijuluki
plokamator adalah ... dan ...
15. Salah
satu sikap menghargai jasa pahlawan adalah memperingatinya setiap tanggal 10
November diperingati sebgai hari ...
II. Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
16. Mengapa
Belanda dapat menguasai daerah-daerah di Indonesia?
17. Apakah
semboyan Ki Hajar Dewantara dalam berjuang melalui pendidikan ?
18. Apakah
penyebab kegagalan perjuangan Peta do Blitar?
19. Jelaskan
apa yang dilakukan Daendels untuk mempertahankan pulau Jawa dari serangan
Inggris?
20. Apa
alasan Jepang menduduki Indonesia?
21. Mengapa
sila pertama rumusan piagam Jakarta diubah menjadi Ketuhanan yang Maha Esa?
22. Sebutkan
4 dari 9 anggota panitia 9 yang menghasilkan suatu rumusan pembukuan UUD?
23. Sebutkan
hasil sidang pertama PPKI?
24. Apah
peranan Mr. Mohamad Yamin SH dalam mempersiapkan kemerdekaan?
25. Sebutkan
3 sikap pahlawan yang perlu kita teladani?
Kunci Jawaban dan pedoman penilaian Soal UTS II IPS
kelas V.
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : V (lima)
Hari/tanggal :
Waktu :
I.
1.
22 Juni 1596
2.
Sultan Hasanudin
3.
Muhamadiyah
4.
Dr. Sutomo
5.
Sentral
|
6.
Teuku Adul Jalil
7.
Singaparna
8.
Romusha
9.
rodi
10.
Ir. Soekarno
|
11.
Proklamasi
12.
Panitia sembilan
13.
Moh Yamin
14.
Soekarno Hatta
15.
Pahlawan
|
II.
16. Rakyat
Indonesia belum ada persatuan dan kesatuan
17. Ing
ngarso sung tulada ing madya mangunkarsa turwuri handayani
18. Persiapan
belum matang
Belum
ada kerjasama
Rakyat
tidak siap mendukungnya
19. Dengan
sistem kerja rodi membuat jalan Anyer penarukan
20. Indonesia
kaya rempah-rempah
21. Karena
warga Indonesia timur tidak menyetujui
22. Ir.
Soekarno, Drs. Moh Hatta, Mr M Yammin, M Ahmad Subarjo, Mr. A A Maramis, Abdulkadir
Muzakir, Wahid Hasim, H Agus Salim, Abikusno Cokrosuyoso.
23. Mengesahkan
UUD
Memilih
dan mengangkat Presiden dan Wakil Presiden ( Soekarno dan Hatta)
Membentuk
KNIP
24. Membuat,
merumuskan dasar negara
25. Rela
berkorban
Pantang
menyerah
Menjaga persatuan dan
kesatuan
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon