Latihan Soal UN Bahasa Indonesia Kelas Vi SD Semester 2 TA 2014/2015

1. 
  1. Masyarakat Bali umumnya hidup bertani. Pertanian di Bali sangat baik dan terkenal dengan adanya system subak. Mereka mengolah secara tradisional. Mereka mengunakan cangkul, garu, dan membajak dengan sapi. Walaupun bidang pariwisata lebih menjajinkan, bertani merupakan bidang yang utama. Pokok pikiran yang terdapat pada paragraph di atas adalah….
A.
B.
C.
D.
2. 2.System pertanian di Bali dikenal dengan…….
A.
B.
C.
D.
3. 3. Laporan pengamatan di buat setelah…………..
A.
B.
C.
D.
4. 4.Orang-orang …..ke rumah itu untuk melihat keadaan anak yang terjatuh kemarin. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah …..
A.
B.
C.
D.
5. 5.Pada suatu zaman, ada seekor ayam yang bersahabat dengan seekor monet. Si Yamyam dan Si Monmon namanya. Namun persahabatan itu tidak berlangsung lama, karena kelakuan si Monmon yang suka semena-mena dengan binatang lain. Hingga, pada suatu petang si  Monmon mengajak si Yamyam untuk berjalan-jalan. Ketika hari sudah petang, si Monmon mulai merasa lapar. Kemudian ia menangkap si Yamyam dan mulai mencabuti bulunya. Yamyam meronta-ronta dengan sekuat tenaga. “Lepaskan aku, mengapa kau ingin memakan sahabatmu?” teriak si Yamyam. Akhirnya si Yamyam, dapat meloloskan diri.      Ia lari sekuat tenaga. Untunglah tidak jauh dari tempat itu adalah tempat kediaman si Kepiting. Si Kepiting merupakan teman Yamyam dari dulu dan selalu baik padanya. Dengan tergopoh-gopoh ia masuk ke dalam lubang rumah si Kepiting. Di sana ia disambut dengan gembira. Lalu Yamyam menceritakan semua kejadian yang dialaminya, termasuk penghianatan si Monmon, Jumlah tokoh pada cerita di atas adalah…..
A.
B.
C.
D.
6. 6. Sifat si Monmon pada cerita diatas adalah….
A.
B.
C.
D.
7. 7. Penyajian suku karangan yang panjang dalam bentuk singkat disebut dengan……
A.
B.
C.
D.
8. 8. Saat menanggapi harus disampaikan secara…..
A.
B.
C.
D.
9. 9.Pada tanggal 24 Februari 2011, bersama Om Bono, Andi naik kereta api dari stasiun Bandung menuju stasiun Gambir Jakarta. Di Jakarta Andi bermalam di rumah Om Teo. Keesokan harinya, Andi, Om Bono, dan Om Teo berangkat ke Bandara Soekarno Hatta untuk selanjutnya pada pukul 12.30 WIB terbang menuju Bali. Dari pesawat Andi melihat Kota Jakarta, namun hanya sebentar karena selanjutnya hanya awan putih yang tampak. Andi sempat memotret awan sampai dua kali. Penggalan teks di atas adalah bagian dari…..
A.
B.
C.
D.
10. 10. Isi laporan di atas adalah…..
A.
B.
C.
D.
11. 11. Kalimat percakapan yang bermaksud mengajak adalah…
A.
B.
C.
D.
12. 12. Upit         : “Permisi, Bu?” Ibu Guru                : “Ada apa, Upit?” Upit         : “ Saya mau mengantar surat ini”. Ibu Guru                : “ Surat dari siapa?” Upit         : “ Surat ini dari Euis, Bu. Euis tidak bias masuk      sekolah hari ini karena sakit. Isi percakapan di atas adalah….
A.
B.
C.
D.
13. 13. Anak-anak mengikuti rangkaian peristiwa dalam ceriata “Nyi Ageng Serang” dari awal hingga akhir. Bagian kalimat yang dicetak tebal dapat diganti dengan istilah….
A.
B.
C.
D.
14. 14. Di bawah ini yang termasuk pujian adalah…
A.
B.
C.
D.
15. 15. Berawal dari sebutir benih kecil Engkau tebarkan dengan hati-hati Saat panas matahari Mulailah kisah perjuangan petani Penggalan puisi di atas menceritakan …
A.
B.
C.
D.
16. 16. Pergi ke dunia luas, anakku sayang Pergi ke hidup bebas Bentuk prosa yang tepat pada kutipan puisi tersebut adalah….
A.
B.
C.
D.
       
17. 17. Di Jawa Tengah, Jesicca dikenal sebagai anak yang hobi mengikuti lomba. Bayangkan, sejak kelas 1 hingga sekarang, murid kelas 6 salah satu SD di Kota Semarang ini hamper tiap minggu ikut lomba. Tidak hanya lomba lukis yang menjadi hobinya, tetapi juga sempoa, matematika, computer, bahasa inggris, menulis halus, foto model, sampai peragaan busana. Kenapa semua lomba diikuti? “aku sih yang penting coba dulu. Apa pun hasilnya, kalau sudah dicoba rasanya senang,” jelas Jesicca. Dari lomba-lomba itu, kini Jesicca sudah mengumpulkan lebih dari 300 piala dan piagam penghargaan. Ada yang juara 1, ada juga yang juara harapan. Untuk mendapatkan prestasi sebanyak itu, tentu saja Jesicca harus rajin berlatih dan belajar, serta disiplin mengatur waktu. Kalau tidak, bias-bisa prestasi di sekolah merosot gara-gara sibuk ikut lomba. Tidak setiap ikut lomba Jesicca dapat juara. “Bagiku tidak masalah. Yang penting kita jangan cepat putus asa. Kalau kita terus mencoba, pasti ada hasilnya!” Berikut ini yang bukan pokok-pokok informasi dari teks diatas adalah…..
A.
B.
C.
D.
18. 18. Putri Eliana sangat cantik. Sayang, sikap Putri Eliana tak secantik parasnya. Ia sangatlah nakal. Segala yang ia inginkan harus selalu dituruti. Putri Eliana juga amat jail. Semua pengawal istana pernah dijailinya. Paragraph di atas bercerita tentang…
A.
B.
C.
D.
19. 19. Semangatlah yang besar untuk terus berprestasi terlihat pula ketika ia berusaha keras untuk kembali ke lapangan setelah mengalami cedera lutut dalam sebuah pertandingan. Dengan bantuan pelatihnya,  Serena melatih kembali seluruh fisiknya. Akhirnya, ia berhasil mengatasi rintangan yang menghadannya dan kembali memperlihatkan kebolehannya. Ide pokok paragaraf di atas adalah…
A.
B.
C.
D.
20. 20. Nama lengkap (1)                 : Fina Arfina Tempat, tanggal lahir           : Bandung/ 1-01-1991(2) Jenis kelamin        (3)           : Perempuan Kelas                                       : VI (4)                 Penulisan formulir yang tidak tepat ada pada nomor
A.
B.
C.
D.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment