Nama:
…………………………..
PEMERINTAH
KABUPATEN KEBUMEN
DINAS PENDIDIKAN
PEMUDA DAN OLAH RAGA
UPTD KECAMATAN ADIMULYO
SD
NEGERI ………………………….
|
ULANGAN TENGAH SEMESTER
(UTS) I
TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas : VI (enam)
Hari,
Tanggal : Kamis,
09 Oktober 2014
Waktu : 10.30
– 12.00 WIB
Petunjuk Umum:
1.
Tulislah namamu di sudut kanan
atas!
2.
Bacalah setiap pertanyaan dengan
seksama!
3.
Kerjakan terlebih dahulu pertanyaan
yang kamu anggap mudah!
4.
Telitilah kembali jawabanmu sebelum
kamu serahkan kepada Bapak/Ibu guru!
I.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di
depan jawaban yang tepat!
1.
|
Kemampuan kelelawar untuk
mengetahui benda-benda disekitarnya disebut ….
|
|
|
a.
adaptasi
|
c. ekolokasi
|
|
b.
resonansi
|
d. diskripsi
|
2.
|
Di bawah ini merupakan cirri khusus cumi-cumi kecuali ….
|
|
|
a.
memancarkan cahaya
|
c.
memiliki
tantakel
|
|
b. kemampuan ekolokasi
|
d.
mengeluarkan
cairan
|
3.
|
Untuk menangkap mangsanya bunglon
menggunakan ….
|
|
|
a.
lidah panjang
dan lengket
|
c. penglihatan
yang tajam
|
|
b.
kaki
berselaput
|
d. penciuman
yang tajam
|
4.
|
Punuk unta berguna untuk ….
|
|
|
a.
memperindah
tubuhnya
|
c.
menyimpan
cadangan makanan
|
|
b.
menyimpan
cadangan air
|
d.
menarik
perhatian unta lain
|
5.
|
Yang dilakukan cicak untuk
mengelabuhi musuhnya dengan memutuskan ekornya. Hal tersebut dinamakan ….
|
|
|
a.
autotomi
|
c.
ekolokasi
|
|
b.
nokturnal
|
d.
sonar
|
6.
|
Tumbuhan ulytrap menangkap serangga
untuk memperoleh …
|
|
|
a.
karbonmonoksida
|
c.
oksigen
|
|
b.
karbondioksida
|
d.
nitrogen
|
7.
|
Suara infrasonik dikeluarkan oleh
….
|
|
|
a.
harimau
|
c.
unta
|
|
b.
gajah
|
d.
ular
|
8.
|
Enceng gondok
dapat terapung di atas air karena ….
|
|
|
a.
akar berongga
|
c.
batang
berongga
|
|
b.
daun berongga
|
d.
bunganya
berongga
|
9.
|
Cara perkembangbiakan tanamn
kunyit melalui ….
|
|
|
a.
rhisoma
|
c.
geragih
|
|
b.
tunas
|
d.
umbi akar
|
10.
|
Perkembangbiakan pada manusia
diawali dengan penggabungan antara ….
|
|
|
a.
sel sperma
dan spora
|
c.
serbuk sari
dan putik
|
|
b.
sel sperma
dan zigot
|
d.
sel sperma
dan sel telur
|
11.
|
Pada anak laki-laki, masa pubertas
ditandai dengan ….
|
|
|
a.
tinggi badan
makin naik
|
c.
pinggul
membesar
|
|
b.
tumbuh kumis
dan jakun
|
d.
usia mencapai
17 tahun
|
12.
|
Burung berkembang biak dengan ….
|
|
|
a.
membelah
diri
|
c.
ovipar
|
|
b.
vivipar
|
d . ovovivipar
|
13.
|
Tanaman stroberi berkembang biak
dengan ….
|
|
|
a.
tunas
|
c. umbi akar
|
|
b.
rhizoma
|
d.
geragih
|
14.
|
Perkembangbiakan secara generatif
diawali dengan ….
|
|
|
a.
penyerbukan
|
c.
pembuahan
|
|
b.
fertilasi
|
d.
biji
|
15.
|
Bunga yang memiliki warna mencolok
pernyerbukannya dibantu oleh ….
|
|
|
a.
angin
|
c.
serangga
|
|
b.
air
|
d.
manusia
|
16.
|
Tempat saling memberi dan menerima
antara sesama makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ….
|
|
|
a.
populasi
|
c.
komponen
biotik
|
|
b.
ekosistem
|
d.
komponen
abiotik
|
17.
|
Kegiatan manusia yang dapat
mematikan mikroba adalah ….
|
|
|
a.
penebangan
hutan secara liar
|
c.
penangkapan
ikan dengan pukat
|
|
b.
pembuangan
limbah ke sungai
|
d.
pemakaian
pestisida yang berlebihan
|
18.
|
Bagian tubuh ular yang sering
dimanfaatkan adalah ….
|
|
|
a.
bisa dan
kulitnya
|
c.
daging dan
kulitnya
|
|
b.
taring dan
bisanya
|
d.
daging dan
bisanya
|
19.
|
Pupuk organik yang digunakan untuk
menyuburkan tanaman adalah ….
|
|
|
a.
NPK
|
c.
kandang
|
|
b.
TSP
|
d.
urea
|
20.
|
Kayu cendana digunakan untuk bahan
parfum, karena ….
|
|
|
a.
batangnya
lentur
|
c.
daunnya lebar
|
|
b.
akarnya
lentur
|
d.
baunya harum
|
21.
|
Tindakan untuk menjaga hutan dari
kerusakan lingkungan adalah ….
|
|
|
a.
menebang
pohon secara liar
|
c.
memberi
sangsi bagi pemburu liar
|
|
b.
lomba berburu
|
d.
menembak
pemburu
|
22.
|
Bencana yang akan terjadi jika
penebangan hutan dilakukan terus menerus ….
|
|
|
a.
longsor
|
c.
gempa bumi
|
|
b.
tsunami
|
d.
gunung
meletus
|
23.
|
Cagar alam adalah perlindungan
terhadap ….
|
|
|
a.
kelestarian
hutan
|
c.
hewan langka
|
|
b.
tumbuhan
langka
|
d.
tumbuhan dan
hewan langka
|
24.
|
Kayu yang banyak dimanfaatkan
untuk membuat mebel adalah ….
|
|
|
a.
kelapa
|
c.
jati
|
|
b.
mahoni
|
d.
matoa
|
25.
|
Bagian tubuh gajah yang
dimanfaatkan sebagai hiasan adalah ….
|
|
|
a.
belalai
|
c.
daging
|
|
b.
gading
|
d.
kulit
|
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
26.
|
Ikan
paus sering muncul keperukaan air dengan tujuan ….
|
27.
|
Bambu
memiliki rambut berduri digunakan untuk ….
|
28.
|
Bentuk
paruh itik tipis dan lebar berguna untuk ….
|
29.
|
Kawasan
hutan untuk mengatur tata air dan memelihara kesuburan tanah disebut ….
|
30.
|
Masa
peralihan awal kedewasaan seseorang secara biologis dari masa anak-anak
menjadi dewasa disebut ….
|
31.
|
Merunduk,
mengcangkok termasuk perkembangbiakan tumbuhan secara ….
|
32.
|
Jika
orang selalu memburu ular, maka jumlah
…. akan meningkat.
|
33.
|
Usaha
penanaman hutan kembali disebut ….
|
34.
|
Perkembangbiakan
secara kawin disebut juga ….
|
35.
|
Tumbuhan
cocor bebek berkembang biak dengan cara ….
|
III.
Jawablah Pertanyaan di bawah ini
dengan benar!
36.
|
Jelaskan cirri khusus tumbuhan kaktus!
|
|
Jawab:…………………………………………………………………………………..
|
|
………………………………………………………………………………………….
|
|
………………………………………………………………………………………….
|
37.
|
Sebutkan 3 manfaat hutan!
|
|
Jawab:………………………………………………………………………………….
|
|
…………………………………………………………………………………………
|
|
………………………………………………………………………………………….
|
38.
|
Jelaskan akibat dari penggunaan pestisida
yang berlebihan bagi kehidupan!
|
|
Jawab: ………………………………………………………………………………….
|
|
………………………………………………………………………………………….
|
|
………………………………………………………………………………………….
|
39.
|
Sebutkan perubahan fisik (sekunder) pada masa
pubertas laki-laki!
|
|
Jawab: ………………………………………………………………………………….
|
|
………………………………………………………………………………………….
|
|
………………………………………………………………………………………….
|
40.
|
Apakah yang dimaksud dengan penyerbukan
tetangga!
|
|
Jawab: ………………………………………………………………………………….
|
|
………………………………………………………………………………………….
|
|
………………………………………………………………………………………….
|
KUNCI
JAWABAN
ULANGAN
TENGAH SEMESTER (UTS) I
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas
|
:
|
VI (enam)
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2014/2015
|
I.
|
1. C
|
6. D
|
11. B
|
16. B
|
21. C
|
||
|
2. B
|
7. B
|
12. C
|
17. D
|
22. A
|
||
|
3. A
|
8. C
|
13. D
|
18. A
|
23. D
|
||
|
4. C
|
9. A
|
14. A
|
19. C
|
24. C
|
||
|
5. A
|
10. D
|
15. C
|
20. D
|
25. B
|
||
|
|
|
|||||
ii.
|
26.
|
memperoleh oksigen
|
31.
|
vegetatif buatan
|
|
||
|
27.
|
melindungi diri
|
32.
|
tikus
|
|
||
|
28.
|
menangkap mangsa
|
33.
|
reboisasi
|
|
||
|
29.
|
hutan lindung
|
34.
|
generatif
|
|
||
|
30.
|
pubertas
|
35.
|
tunas adventif
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
iii.
|
36.
|
daun menyerupai duri, batang
tebal dilapisi lilin, akar pendek
|
|||||
|
37.
|
mencegah banjir, mencegah
erosi, suplai oksigen
|
|||||
|
38.
|
pestisida yang terserap
tanaman (daun, buah) sehingga dapat mengganggu kesehatan manusia. Muncul hama
baru yang tahan terhadap pestisida.
|
|||||
|
39.
|
dada bidang, tumbuh jakun,
suara lebih berat.
|
|||||
|
40.
|
jatuhnya
serbuk sari dalam satu bunga kekepala putik bunga lain dalam satu tumbuhan.
|
|||||
PEDOMAN PENILAIAN
I.
|
25 X 1 = 25
|
|||
II.
|
10 X 2 = 20
|
|||
III.
|
5 X 3
= 15
|
|||
Jumlah skor 60
|
||||
|
||||
NA
|
=
|
Jumlah skor perolehan
|
X 100
|
|
Skor maksimal
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon