1.
Instrumen EDS 2014
Berikut isian
Instrumen EDS yang harus dilengkapi :
1) Permasalahan
sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
☐ Mencontek saat ujian
☐ Tidak mengerjakan tugas yang diberikan
☐ Menyalin tugas dari pekerjaan temannya
☐ Bolos tanpa alasan yang jelas dan dapat diterima
☐ Malas belajar
☐ Terlibat tawuran
☐ Terlibat narkoba
☐ Sering telat masuk sekolah
☐ Tidak menghormati guru dan orang lain
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
2) Sikap dan
perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah
bapak/ibu adalah :
☐ Giat belajar dan rajin membaca
☐ Membantu teman/orang lain dan hormat pada guru
☐ Disiplin dan mematuhi tatatertib sekolah
☐ Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
☐ Sportif dalam bertindak
☐ Berani mengakui kesalahan
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
3) Sikap dan
perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab
yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen
penilaian sikap siswa adalah :
☐ Secara konsisten ditunjukkan ketika berada di
sekolah
☐ Sesuai dengan kondisi yang dilaporkan oleh orang tua
siswa ketika berada di rumah
☐ Ditunjukkan ketika siswa berinteraksi dengan semua
orang
☐ Menghormati orang yang berlaku
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
4) Pengetahuan
peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya
dalam penilaian yang telah dilakukan adalah :
☐ Mampu menghapal cukup banyak informasi yang
diajarkan
☐ Mampu menjelaskan kembali sebuah informasi yang
dipelajari dengan kalimat sendiri
☐ Mampu menerapkan suatu konsep untuk menjelaskan
sebuah fenomena alam atau sosial
☐ Mampu mengidentifikasi variabel yang terkait dengan
suatu permasalahan
☐ Mampu menerapkan sebuah prosedur untuk menyelesaikan
permasalahan
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
5) Kemampuan
peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai beriku :
☐ Mampu membaca cepat dan membuat rangkuman dari
informasi tertulis
☐ Mampu menyampaikan ide dan pendapat secara santun
dan mudah dipahami
☐ Menyimak informasi secara tepat dan mampu
menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
☐ Mampu melakukan telaah secara kritis kritis terhadap
teks atau buku
☐ Membuat karya tulis dengan deskripsi yang
berkesinambungan dan mudah dipahami
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
6) Kemampuan
peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati, mencoba, mengolah, dan
menyajikan pemikiran dan tindakan produktif serta kreatif, serta dapat
dibuktikan bukti penilaiannya adalah:
☐ Melakukan pengamatan dengan petunjuk yang jelas
☐ Melakukan percobaan/ekplorasi
☐ Menganalisis hasil percobaan/ekplorasi
☐
Menyajikan
hasil percobaan/ekplorasi
☐ Membuat dan menyajikan hasil karya yang bagus
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
7) Kemampuan peserta didik dalam
menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
_ Hasil meniru
karya orang lain
_ Hasil modifikasi
karya orang lain
_ Hasil kreasi
sendiri sesuai dengan fasilitas yang tersedia
8) Kemampuan peserta didik di sekolah
dalam menalar dan mencipta pemikiran dan tindakan produktif serta kreatif, yang
dapat dibuktikan dengan penilaian bapak/ibu adalah:
☐ Menyampaikan ide kreatif untuk menyelesaikan suatu
masalah kontekstual
☐ Menganalisis dan mengagabungkan beberapa pemikiran/ide
untuk menghasilkan gagasan baru
☐ Mengevaluasi ide orang lain dan menghasilkan
pemikiran/ide baru yang kreatif
☐ Menghasilkan karya kreatif yang memiliki nilai seni
atau manfaat
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
9) Rancangan metode pembelajaran
yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran
aktif (student active learning) adalah
☐ Ceramah
☐ Diskusi dan tanya jawab
☐ Demonstrasi
☐ Penemuan terbimbing
☐ Pemecahan masalah
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
10)Dokumen yang digunakan sebagai
acuan dalam pengembangan RPP di sekolah Bapak/Ibu adalah
☐ Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
☐ Standar Kompetensi
☐ Standar proses
☐ Standar penilaian
☐ Buku siswa
☐
Buku
pegangan guru
11) Proses pengembangan RPP di
sekolah Bapak/Ibu dilakukan dengan
☐ Mengadopsi dan mengadaptasi model yang dikembangkan
oleh Pemerintah
☐ Diskusi dalam KKG/KKS/MGMP
☐ Mengembangkan secara mandiri dengan mengacu pedoman
yang ada
☐ dengan berdiskusi pada nara sumber yang memahami
kurikulum 2013
12) RPP yang bapak/ibu kembangkan
dibuat dengan memperhatikan aktifitas :
☐ Mengamati
☐ Menanya
☐ Mencoba
☐ Menalar
☐ Mengkomunikasikan
13) Jenis penilaian yang
diterapkan dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah bapak/ibu adalah
☐ Tes tertulis
☐ Tes lisan
☐ Pengamatan kinerja
☐ Pengukuran sikap
☐ Penilaian hasil karya berupa tugas
☐ Penilaian proyek
☐ Penilaian produk
☐ Portofolio
☐ Penilaian diri
☐ Tdak ada jawaban yang sesuai
14)Materi ajar yang dimuat dalam
kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
☐ Sahih (teruji kebenarannya)
☐ Signifikan (bermanfaat dalam pencapaian kompetensi)
☐ Bermanfaat secara akademis dan non akademis
☐ Kelayakan (mempertimbangkan taraf berpikir peserta
didik)
☐ Relevan, konsisten, dan edukatif
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
15)Komposisi materi pelajaran
yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
☐ Dominan pada aspek sikap dan perilaku
☐ Dominan pada aspek pengetahuan
☐ Dominan pada aspek keterampilan
☐ Proporsi sikap, pengetahuan, dan ketrerampilan
dibuat merata
16)Materi kurikulum di sekolah
bapak/ibu, disesuaikan untuk:
☐ Mengembangkan ketrampilan berpikir kritis
☐ Mengembangkan ketrampilan pemecahan masalah
☐ Mengembangkan budaya membaca dan menulis untuk
menumbuhkan budaya gemar membaca
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
17)Keterkaitan materi dengan
kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
☐ Sesuai perkembangan usia peserta didik
☐ Mengembangkan karakter mulia.
☐ Memperhatikan gender
☐ Memperhatikan karakeristik lingkungan sekitar
peserta didik
☐ Memperhatikan kehidupan sosial peserta didik
☐ Mengembangkan sikap nasionalisme dalam kehidupan
bernegara.
☐ Memfasilitasi penggunaan teknologi
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
18)Kegiatan yang dilaksanakan
oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
☐ Menganalisis kompetensi yang akan diperoleh siswa
☐ Menetapkan materi ajar
☐ Memilih model/metode belajar yang relevan
☐ Menentukan dan mengevaluasi buku sumber yang
digunakan
☐ Menyusun bahan ajar sesuai karakteristik peserta
didik
☐ Menyusun penilaian yang relevan
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
19) Perancangan RPP yang disusun
guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
☐ Memperhatikan perbedaan individu
☐ Mendorong partisipasi aktif peserta didik
☐ Mengembangkan budaya membaca dan menulis
☐ Umpan balik dan tindak lanjut
☐ Keterkaitan dan keterpaduan antara SKL-standar
isi-materi-kegiatan belajar-penilaian
☐ Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
☐ Metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan
menarik
☐ Pemilihan media yang sesuai
☐ Penggunaan sumber belajar yang relevan
☐ Penggunaan penilaian autentik
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
20)Hal-hal yang disampaikan oleh
guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
☐ Kompetensi yang akan dicapai
☐ Cakupan materi ajar
☐ Rancangan tugas selama satu semester
☐ Tugas mandiri dan tugas kelompok yang harus
dikerjakan
☐ Penilaian yang akan dilakukan
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
21)Aktifitas yang dilakukan oleh
bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi
peserta didik adalah
☐ Melakukan remedial untuk peserta didik yang belum
tuntas belajar
☐ Melakukan refleksi proses pembelajaran dan
memperbaiki pembelajaran
☐ Menganalisis daya serap peserta didik dan
memperbaiki pembelajaran
☐ Mengecek gaya belajar peserta didik dan menyesuaikan
pembelajaran
☐ Berkomunikasi dengan teman sejawat atau KKG/MGMP
untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
22) Sumber belajar yang bapak/ibu
gunakan dalam pembelajaran adalah :
☐ Buku teks dan lembar kerja dari penerbit tertentu
☐ Buku teks yang dikembangkan sendiri atau oleh
kelompok guru
☐ Buku panduan
☐ Ensiklopedia atau kamus
☐ Majalah dan/atau Koran
☐ Internet
☐ Diktat yang dikembangkan sendiri
☐ Modul belajar
☐ Nara sumber yang menguasai bidangnya
☐ Perpustakaan atau museum
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
23) Pelaksanaan pembelajaran yang
dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta
didik adalah
☐ Melaksanakan program sekolah dan tatatertib untuk
pembentukan karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
☐ Melaksanakan pembelajaran yang memiliki dampak
langsung terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin, tanggungjawab, dan
menghargai orang lain
☐ Melaksanakan pembelajaran yang menyadarkan akan
pentingnya memiliki karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
☐ Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang memiliki
dampak terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan
menghargai orang lain
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
24) Pelaksanaan pembelajaran yang
bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara
efektif dan santun :
☐ Memperbanyak aktifitas siswa dalam membaca, menulis
dan berbicara dalam belajar
☐ Memberi tugas belajar berupa telaah buku dan membuat
karya tulis
☐ Melakukan aktifitas belajar berkelompok
☐ Memberi tugas mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber
☐ Memberi tugas berkomunikasi dengan anggota
masyarakat untuk kepentingan belajar
☐ Mempresentasikan hasil kerja mandiri atau kelompok
di depan kelas
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
25)Kesulitan Bapak/Ibu dalam
menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam
berkomunikasi lisan dan tulisan adalah :
☐ Tidak cukup waktu
☐ Kurang menguasai metode mengajar yang efektif dan
efisien
☐ Tidak didukung Kepala Sekolah
☐ Kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung di
sekolah
☐ Kemampuan peserta didik tidak memadai
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
26) Pelaksanaan pembelajaran yang
dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
☐ Ceramah dan diskusi
☐ Belajar berkelompok
☐ Pembelajaran berbasis proyek
☐ Pembelajaran berbasis masalah
☐ Pembelajaran inkuiri dan penemuan (discovery)
☐ Strategi/metode inovatif lainnya
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
27)Kesulitan bapak/ibu dalam
menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik
adalah :
☐ Tidak cukup waktu
☐ Kurang menguasai metode mengajar yang efektif dan
efisien
☐ Tidak didukung Kepala Sekolah
☐ Kurangnya sarana dan prasarana di sekolah
☐ Kemampuan peserta didik tidak memadai
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
28) Pembelajaran yang bapak/ibu
lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
☐ Memotivasi peserta didik untuk giat belajar pada
kegiatan awal pembelajaran
☐ Meningkatkan keingintahuan melalui pengamatan
fenomena alam dan sosial
☐ Melibatkan peserta didik dalam pembelajaran aktif
untuk mengekplorasi fenomena alam dan sosial
☐
Melakukan
pembelajaran secara inkuiri
☐ Menumbuhkan kebiasaan membaca dan menyampaikan
informasi yang diperoleh
☐ mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk
menganalisis sebuah permasalahan
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
29) Frekuensi supervisi yang
dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
☐ Lebih dari 2 kali/tahun
☐ 2 kali/tahun
☐ 1 kali/tahun
☐ Tidak pernah
30)Kepala sekolah
membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
☐ Perencanaan
☐ Pelaksanaan pembelajaran
☐ Penilaian hasil belajar
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
31) Prinsif yang digunakan oleh
bapak/ibu dalam penilaian adalah
☐ Obyektif, yakni berbasis pada standar dan tidak
subyektif
☐ Terpadu, yakni terencana, menyatu dengan kegiatan
pembelajaran, dan berkesinambungan
☐ Ekonomis, yakni efisien dan efektif dalam
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
☐ Transparan, yakni prosedur penilaian, kriteria
penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diakses oleh semua pihak
☐ Akuntabel, yakni dapat dipertanggungjawabkan kepada
pihak internal sekolah maupun eksternal untuk aspek teknik, prosedur, maupun
hasilnya
☐ Edukatif, mendidik dan memotivasi peserta didik dan
guru
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
32) Jenis penilaian yang bapak/ibu
lakukan dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah:
☐ penilaian sikap dan perilaku menggunakan observasi
☐ Penilaian sikap dan perilaku menggunakan penilaian
diri dan penilaian sejawat
☐ Penilaian pengetahuan menggunakan tes lisan
☐ Penilaian ketrampilan menggunakan tes praktek
☐
Penilaian
ketrampilan menggunakan portofolio
33)Ketersediaan prosedur dan
kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
☐ Dokumen cetak
☐ Dokumen yang mudah diakses di internet
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
34) Petunjuk pelaksanaan
penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
☐ Pedoman penilaian
☐ Kriteria ketuntasan hasil belajar
☐ Pedoman penskoran termasuk rubrik penilaian
☐ Petunjuk tentang pengolahan nilai dan KKM
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
35) Teknik penilaian yang
dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti
fisiknya meliputi:
☐ Tes tertulis
☐ Tes lisan
☐ Instrumen penugasan
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
36) Bagaimana bapak/ibu menilai
karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan
bertanggungjawab)
☐ Menganalisis kesamaan/pola jawaban dalam jawaban
ujian
☐ Melakukan pengamatan sikap dan perilaku terutama
untuk kelompok pelajaran agama dan akhlak mulia
☐ Menganalisis laporan hasil pengamatan beberapa guru
terkait sikap dan perilaku peserta didik
☐ Menilai sikap perilaku peserta didik ketika berada
di sekolah
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
37) Jenis penilaian sikap dan
perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk
fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
☐ Lembar Observasi
☐ Penilaian diri
☐
Penilaian
antar teman
☐ Jurnal
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
38) Bagaimana bapak/ibu menilai
kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
☐ Menganalisis tes uraian menggunakan rubrik
☐ Menilai laporan telaah buku dan/atau karya tulis
yang dibuat oleh peserta didik
☐ Menilai penyampaian peserta didik dalam menyajikan
karya di depan kelas
☐ Menilai sikap dan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
39) Bapak/ibu menilai kreatifitas
peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui
:
☐ Penilaian karya yang dihasilkan menggunakan rubrik
☐ Melaksanakan pameran hasil karya peserta didik
(showcase portfolio)
☐Penilaian proses
selama pembelajaran, terkait dengan kemampuan mengidentifikasi permasalahan dan
menganalisis masalah, dan mengajukan solusi
☐Penilaian
kemampuan peserta didik dalam merancang, menghasilkan, dan mengkomunikasikan proses
penyelesaian masalah/pembuatan produk
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
40) Jenis penilaian keterampilan
yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio
peserta didik dalam satu semester adalah
☐ Fortofolio
☐ Tes praktek
☐ Proyek
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
41) Permasalahan bapak/ibu dalam
membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen
non-tes adalah
☐ Kurang memahami cara membuat instrumen, menggunakan,
dan mengolah hasilnya
☐ Belum melakukan penilaian sikap dan perilaku karena
tidak tercantum dalam RPP
☐ Tidak cukup waktu untuk melaksanakan penilaian sikap
dan perilaku
☐ Penilaian sikap dan perilaku tidak dituntut oleh
sekolah
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
42) Bapak/Ibu guru memanfaatkan
hasil penilaian untuk mengetahui:
☐ Kemajuan belajar siswa,
☐ Kesulitan belajar siswa,
☐ Cara melakukan perbaikan proses pembelajaran
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
43) Peningkatan kemampuan
bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam
tiga tahun terakhir :
☐ Dilakukan dengan bantuan sekolah dan sudah
diterapkan dalam pembelajaran
☐ Dilakukan secara mandiri atas inisiatif sendiri,
namun belum memahami penilaian secara utuh
☐ Diperoleh melalui diskusi bersama rekan guru dalam
kegiatan MGMP/KKG
☐ Diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun
belum diterapkan karena belum paham
☐ Diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah
menerapkan penilaian autentik
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
44) Peningkatan kemampuan bapak/ibu
dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan
kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
☐ Dilakukan dengan bantuan sekolah dan sudah
diterapkan dalam pembelajaran
☐ Dilakukan secara mandiri atas inisiatif sendiri,
namun belum paham
☐ Diperoleh melalui diskusi bersama rekan guru dalam
kegiatan MGMP/KKG
☐ Diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun
belum diterapkan karena belum paham
☐ Diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah
diterapkan dalam pembelajaran
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
45) Bapak/Ibu menerima
sosialisasi visi/misi sekolah melalui
☐ Rapat
☐ Spanduk, leaflet, brosur
☐ Papan pajangan/banner
☐
Dokumen
RKS
☐ Surat edaran kepala sekolah
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
46) Pihak-pihak yg terlibat dalam
pengambilan keputusan di sekolah adalah
☐ Kepala sekolah
☐ Guru
☐ Orang Tua Peserta didik
☐ Pemerintah daerah
☐ Dunia usaha dan dunia industri
☐ Alumni
☐ Tokoh masyarakat
☐ Ketua Yayasan (untuk sekolah swasta)
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
47)Dalam bentuk apa saja, kepala
sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
☐ Penyusunan RKAS sekolah
☐ Membangun kerjasama kemitraan dengan lembaga lain
☐ Pemecahan masalah belajar peserta didik
☐ Pengembangan kurikulum dan silabus
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
48) Pengelolaan sekolah di tempat
bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
☐ Melibatkan orang tua peserta didik dalam upaya
meningkatkan mutu sekolah
☐ Melibatkan guru dan komite sekolah dalam menetapkan
sebuah kebijakan
☐Menerapkan azas
demokrasi, keterbukaan, dan bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan
☐Menerapkan
sistem manajemen yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan mampu membuat
sekolah menjadi mandiri
☐ Menerapkan standar pelayanan prima
☐ Menerapkan manajemen mutu terpadu
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
49)Nilai-nilai budaya yang tampak
dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja
guru adalah
☐ Ikhlas dalam melaksanakan kegiatan sekolah
☐ Bertukar pendapat dalam pemecahan masalah belajar
peserta didik
☐ Disiplin dalam menjalankan tugas
☐ Sikap ilmiah yang dimiliki warga sekolah
☐ Suasana kondusif di sekolah
☐ Tolong-menolong melalui kegiatan sosial sekolah
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
50)Dalam hal apa Kepala Sekolah
Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
☐ Kejujuran
☐ Memperhatikan bawahan, dan terbuka
☐ Kerja keras dan disiplin
☐ komunikatif dan perhatian
☐ Bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan
pengembangan sekolah
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
51)Ketauladanan pimpinan sekolah
yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah:
☐ Kepedulian pimpinan terhadap program kerja sekolah
☐ Tanggungjawab kepala sekolah
☐ Keikhlasan dalam melaksanakan tugas
☐ Kemampuan mengorganisir staf/guru
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
52) Bagaimana bapak/ibu mengakses
laporan pengelolaan keuangan sekolah
☐ Dapat diakses via internet
☐ Dapat diakses melalui komputer di ruangan khusus
☐ Disediakan dalam bentuk laporan cetak
☐ hanya dapat diakses oleh pihak tertentu
☐ Tidak tersedia
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
53)Kondisi penggunaan sarana
laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
☐ Digunakan secara rutin
☐ Tidak dapat digunakan karena peralatan tidak lengkap
☐ Tidak dapat digunakan karena peralatan utama rusak
☐ Tidak digunakan karena tidak ada bahan yang
dibutuhkan
☐ Tidak digunakan karena tidak terkait dengan tujuan
pembelajaran
☐ Tidak digunakan karena belum memahami cara
menggunakannya
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
54) Peralatan yang rusak di
laboratorium terutama disebabkan karena
☐ Sering digunakan
☐ Penyimpanan yang tidak tepat
☐ Tidak dirawat secara rutin karena tidak ada dana
☐ Tidak digunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan
☐ Memang sudah rusak sejak diterima
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
55)Kondisi ruang kelas yang
dimiliki disekolah :
☐ Sirkulasi udara baik
☐ Kebersihan terjaga
☐ Pencahayaan cukup
☐ Tidak ada jawaban yang sesuai
56)Kondisi laboratorium dan
perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
☐ Ukuran ruang standar
☐ Penataan ruang baik
☐ Kelengkapan perabot mencukupi
☐ Tersedia sambungan internet
☐
Daya
listrik memadai
57)Kondisi kerja di ruang kerja
guru disekolah:
☐ Ukuran ruang memadai
☐ Penataan ruang baik
☐ Kelengkapan perabot mencukupi
☐ Peralatan Memadai
☐ Sambungan internet
☐ Daya listrik yang memadai
☐
Tidak
ada jawaban yang sesuai
2.
Angket Kurikulum 2013
Berikut
Angket Kuisioner K13 yang harus diisi :
No
|
Materi
Pelatihan
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Materi
Pelatihan
a. Bahan ajar
yang disediakan sesuai dengan tujuan diklat
b. Bahan ajar
disusun secara sistematis, praktis, mudah dipahami
c. Cakupan isi
bahan ajar lengkap sesuai dengan kebutuhan dalam melaksanakan tugas
d.
Ketersediaan bahan ajar (jumlah dan kualitas cetak)
e. Kesesuaian
bahan ajar dengan materi yang disampaikan fasilitator (Instruktur)
f. Materi
pembelajaran dipresentasikan dengan cara yang menarik
|
|
|
|
|
|
2
|
Fasilitas
Pelatihan dan Fasilitas Pendukung
a. Kebersihan
dan kenyamanan ruang kelas
b. Penerangan
ruang kelas
c. Kesiapan
media pembelajaran
d.
Ketersediaan jaringan internet
e.
Ketersediaan perpustakaan
f. Kebersihan
ruang makan
g. Kebersihan
kamar kecil/toilet
h.
Audio visual
|
|
|
|
|
|
3
|
Fasilitator/Instruktur/Pengajar
a. Ketepatan
waktu dalam memulai dan mengakhiri sesi pembelajaran
b. Kemampuan
menjawab pertanyaan peserta
c.
Keterampilan berkomunikasi dalam proses pembelajaran
d.
Keterampilan dalam menghidupkan suasana kelas
e. Kemampuan
dalam memotivasi peserta
f. Kebersihan
ruang makan Ramah dan peduli terhadap kesulitan belajar peserta
g.
Menghargai pendapat dan ide-ide peserta
h.
Kerapihan dalam berbusana
|
|
|
|
|
|
4
|
Proses
Pembelajaran
a.
Perbandingan waktu antara teori dan praktik
b. Penyajian
materi bersifat interaktif
c. Suasana
pembelajaran yang demokratis
d. Proses
pembelajaran yang partisipatif
e. Proses
pembelajaran yang tidak diskriminatif
f. Alokasi
waktu yang tersedia untuk penyelesaian tugas
|
|
|
|
|
|
5
|
Kepanitiaan
a. Layanan
registrasi
b. Kelengkapan
bahan pelatihan (buku panduan,
ATK, bahan ajar)
c. Kecepatan
layanan administrasi (daftar hadir, persuratan, sertifikat)
d.
Ketersediaan layanan kesehatan (P3K)
e.
Ketersediaan layanan kesehatan (P3K)
|
|
|
|
|
|
6
|
Konsumsi
a. Kecukupan
konsumsi
b. Kebersihan
konsumsi
c. Kecepatan
layanan konsumsi
d.
Variasi menu
|
|
|
|
|
|
7
|
Penilaian
Hasil Pelatihan
a. Kesuaian
materi pelatihan dengan pre dan post test
b. Keterbacaan
butir-butir soal pre dan post test
c. Pelaksanaan
pre dan post test bebas dari kecurangan
|
|
|
|
|
|
Keterangan Nilai
:
1. Sangat Tidak
Puas
2. Tidak Puas
3. Cukup Puas
4. Puas
5.
Sangat Puas
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon