Rangkuman, Soal, Kunci Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 5 V Lima Semester 1 TA 2014/2015

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

BAB I                         : Menjaga Keutuhan Negara Indonesia
BAB II                        : Menaati Peraturan Perundang-undanganan
Kelas / Semester          : V / 1

BAB I
MENJAGA KEUTUHAN NEGARA INDONESIA



Standar Kompetensi   : 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )
Kompetensi Dasar       :
1.1  Mendiskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.2  Menjelaskan pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.3  Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Indicator Materi          :
1.      Menjelaskan riwayat berdirinya Negara Indonesia
2.      menyebutkan Geografis Negara Indonesia
3.      mengetahui cara berperan serta dalam menjaga keutuhan Indonesia
4.      memberi contoh perilaku yang mendukung tentang keutuhan Indonesia
5.      melaksanakan perilaku yang mendukung keutuhan Indonesia
6.      menjelaskan makna kebersamaan dari perbedaan merupakan modal kekuatan untuk mewujudkan NKRI yang sangat kokoh.
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

Rangkuman Materi :
  • Bangsa Indonesia telah memproklamasikan Kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. sejak saat itu bangsa Indonesia bertekad untuk hidup merdeka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia meliputi wilayah dataran dan periaran yang sangat luas terhampar melintasi garis Katulistiwa dan tersebar pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke.
  • Negara kesatuan adalah negara yang didalamnya hanya adaa satu kekuasaanpemerintahan. Kekuasaan pemerintahan itu hanya ada di tangan pemerintah pusat.
  • NKRI berdiri tidak lepas dari peristiwa Proklamasi Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Melalui Proklamasi 17 Agustus 1945 itu bangsa Indonesia berhasil mendirikan negara, sekaligus menyatakan kepada dunia luar akan adanya negara baru yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • NKRI berdiri harus mampu di atas semua kelompok dan golongan yang beragam. Karena Indoensia sebagai bekas jajahan Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda ,termasuk Jepang.
  • Keberdaan NKRT sejak Proklamasi Kemerdekaan mengalami pasang surut. Gangguan demi gangguan yang berusaha membubarkan Republik ini sudah banyak terjadi, baik dari luar maupun dalam negeri sendiri.
·         Misalnya          :           Pemberontakan PKI di Madiun , PPRI, PermestaPemberontakan Kahar Muzakar, Pemberontakan Rakyat Maluku Selatan ( RMS), pemberontakan G 30 S PKI,jerakan keh Merdeka GAM ), dan organisasi PapuaMerdeka.
  • Oleh karena itu kita wajib menghargai jasa para pahlwan yang telah berjuanguntuk mempertahankan kesatuan dan keutuhan NKRI.
  • Dalam pepatah mengatakan :" Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengahrgai
jasa para pahlawannya. "
  • NKRI Merupakan Negara yang terdiri atas berbagai suku bangsa dan ras denganwilayah yang tersebar di wilayah Nusantara.
  • NKRI merdeka yang akan dicita citakan adalah negara yang bisa mengayomiseluruh rakyat tanpa memandang suku, agama, ras, bahasa daerah dan golongan golongan tertentu. Harapan terbesar tentunya berkeinginan hidup bersatu keluarga bangsa, karena itu adanya persamaan nasib, cita cita yang berasal dari ikatan wilayah yang sama.
  • Wilayah NKRI merupakan negara kepulauan yang terdiri lebih kurang 17.000 pulau lebih besar dan kecil_ Pulau ini termausk terbesar di dunia.
  • Wilayah NKRI selain terdiri dart pulau - pulau besar, tetapi jug ada yang lebihkecil yaitu P. Nias, P. Siberut, P.Bangka; P. Bali, P. Belitung , P. Madura , P.Lombok, P.Flores, P. Ambon P.Halmahera

TUGAS KELOMPOK

A. 1.  Carilah informasi dari buku-buku sejarah tentang peristiwa – peristiwa yang ingin mengahancurkan NKRI ( beberapa sudah disebutkan di atas ) !
     2.  Diskusikan dengan kelompokmu tentang pengaruh peristiwa-peristiwa tersebut terhadap keutuhan NKRI !
     3.  Tulislah kesimpulan dari diskusi tersebut dalam table berikut !
B. Isislah teka-teki silang di bawah ini


A.PERKEMBANGAN WILAYAH NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
Ø   Pada awal kemerdekaan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia meliputi 8 provinsi yaitu : Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, BORNEO ( Kalimantan ), Sulawesi, Sunda kecil ( Nusa tenggara ) dan maluku.
Ø   Seiring dengan perkembangan jaman dan tuntutan kebutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami perubahan, baik jumlah provinsi maupun luas wilayahnya.
Ø   Pada awal Kemerdekaan, Irian Barat ( yangs ekarang Irian Jaya atau Papua dan Timur-Timur belum menjadi bagian wilayah NKRI. Irian Barat masih dikuasai oleh Belanda dan Timor Timur dikuasai oleh Portugal.
Ø   Namun pada tahun 1999 Provinsi Timor Timur memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui suatu Referandum.
Ø    Tabel perkembangan jumlah provinsi di Indonesia
1945
1950
1956
1957
1958
1958
1960
1964
1967
1969
1996
1999
2000
2006
JUMLAH PROVINSI
8
11
15
17
20
21
22
24
25
26
27
29
32
33

Keterangan JPP = Jumlah Pertambahan Provinsi
Ø   Pertambahan jumlah provinsi terjadi antara lain karena adanya kebutuhan pelayanan yang cepat kepada masyarakat. Wilayah yang terlalu luas dapat menyebabkan pelayanan kepada masyarakat menjadi terhambat.
Ø   Oleh karena itu wilayah-wilayah yang luas seperti Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan dibagi menjadi beberapa Provinsi.
Ø   Negara Indonesia terdiri dari 33 Provinsi.
Provinsi-provinsi Negara Kesatuan Republik Indonesia
No
Nama Provinsi
Luas Km2
Ibu Kota
I
Nanggroe Aceh Darussalam
55 390
Banda Aceh
2
Sumatera Utara
71.660
Medan
3
Sumotera i3arat _
42.898
Padang
4
Riau
94.561
Pekan Bar­
5
Kepulauan Riau
-
Tanjung Pincng
6
Jambi
53.436
Jambi
7
Sumatera Selatan
93.083
Palembana
8
Bangka Belitung
16.171
Pangkal Pinang
9
Bengkulu
19.789
Bengkulu
10
Lampung
35.385
Bandar Lampung
11
D K I Jakarta
664
Jakarta
12
Jawa Barat
34.526
Bandung
13
Banten
6.651
Serang
14
Jawa Tengah
32.549
Semarang
15
D.I. Yogyakarta
3.186
Yogyakarta
16
Jowa Timur
47.923
Surabaya
17
Kalimantan Barat
149.807
Pontianak
18
Kalimantan Tengah                     
153.564
Palangkaraya
19
Kalimantan Selatan
36.535
Banjarmasin
20
Kalimantan Timur
210.985
Samarinda
21
Sulawesi Utara
15.273
Manado
22
Gorontalo
12.215

Gorontalo
23
Sulawesi Tengah
63.689

Palu
24
Sulawesi Selatan
62.483

Makassar
25
Sulawesi Tenggara
38. I 4O

Kendari
26
Sulawesi Barai
16.796

Mamuju
27
Bali
5.633

Denpasar
28
Nusa Tenggara Barat
20.153

Mataram
29
Nusa Tenggara Timur
47.349

Kupang
30
Maluku
24. 035
Ambon
Ambon
31
Maluku Utara
53.836
~
Ternate
32
Irian Jaya Barat
16.571

Manokwari
33
Papua Tengah
71.199

Timika

 LETAK GEOGRAFIS INDONESIA
Ø  lndonesia terletak diantara benua Asia tepatnya di Asia Tenggara  Wilavah Indonesiaberada di 6° LU 11 ° L S dun 95'13T - 141°13T.
Ø  Wilayah Indonesia dilewati oleh garis Khatulistiwa. Oleh karena itu Indonesiamemiliki dua macam musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.
Ø  Secara geografis Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudera yakni benua Asia dan Australia samudera Pasifik dan samudera Indonesia.
Ø  Benua Asia terletak di sebelah utara Indonesia, adapun benua Australia berada di sebelah tenggara Indonesia.
Ø  Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara yang berbatasan dengan Negara tetangga. Adapun batas-batasnya sebagai berikut :
1.   Bagian utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura Filiphina Dan Brunei Darussalam
2.   Bagian Timur berbatasan dengan : Papua Nugini dan Samudera Pasifik
3.   Bagian Selatan berbatasan dengan : Australia , Negara Timor Leste
4.       Bagian Barat berbatasan dengan Samudera Hindia.


CLUAS WILAYAH INDONESIA.
Ø  Wilayah NKRI amat luas membentang mulai dari Sabang sampai Merauke Luas perairan Indonesia lebih luas jika dibanding dengan daratannya.
Ø  Luas perairan Indonesia sekitar 3.257.357 km, sedang luas daratannya sekitar1.919.443 km. Perbandingan laut dengan daratan 3:2 . Oleh karena itu Negara Indonesia disebut negera Maritim. Luas wilayah Indonesia mencapai 70 % dari selunih wilayah Indonesia.
Ø  NKRI merupakan negara kepulauan . Disebut kepulauan karena ada 17.805 buah pulau besar dan kecil tersebar di wilayah indonesia.
Ø  Wilayah Indonesia berbatasan dengan 5 negara tetangga.
Ø  Wilayah lautan Indonesia lebih luas dari pada daratannya. Oleh karena itu Indonesia disebut negara Maritim . Luas lautan Indonesia mencapai 70 % dari wilayah Indonesia. Artinya luas daratan Indonesia hanya 30 % dari keseluruhan
luas Indonesia.

Gb. Wilayah Lautan Indonesia

D. JUMLAH PENDUDUK INDONESIA
Untuk mengetahui jumlah penduduk Indonesia Pemerintah mengadakan sensuspenduduk setiap 10 tahun sekali. Yang mengadakan sensus yaitu Badan Pusat Statistik (BPS ). Pada tahun 2005 jumlah penduduk Indonesia mencapai 241.973.800 jiwa.     Pada awal tahun 2010, pemerintah telah melakukan sensus penduduk dan diperoleh jumlah penduduk Indonesia saat itu adalah 237.556.363 jiwa yang tersebar dari sabang sampai merauke dengan tingkat kepadatan 124/km2. Sampai sekarang pada tahun 2012 jumlah penduduk Indonesia diperkirakan sekitar 257.516.167 jiwa.


LEMBAR KEGIATAN SISWA

1.      Perhatikan peta buta di atas. Bersama teman sebangkumu, lakukanpermainan "Lacak dan Temukan" untuk melacak dan menemukan provinsi-provinsi yong menjadi wilayah NKRI pada awal kemerdekaan!
2.    Tuliskan nama masing-masing provinsi. Kemudian warnailah masing­masing provinsi tersebut untuk membedakannya dengan wilayah yang tidak termasuk dalam NKRI pada awal kemerdekan !
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

TUGAS DI RUMAH :
JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN TEPAT !
1.   Sebutkan bangsa bangsa yang pernah menjajah Indonesia
Jawab ..............................................
2.    Sebutkan secara lengkap letak geografis negara Indonesia
Jawab ……………………………...
Sebutkan batas wilayah Indonesia bagian timur ?
Jawab ..............................................
4.   Mengapa Indonesia disebut negara maritim ?
Jawab ..............................................
5.   Berapa jumlah pulau - pulau besar dan kecil di Indonesia ?
Jawab .............................................
B.  HIDUP AMAN DALAM NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
-          Di akhir – akhir ini dalam perjalanan Reformasi bermunculan banyak gangguan keamanan di beberapa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bertujuan untuk mengacaukan keamanan Negara contoh Terosisme.
-          Terorisme sangat bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.
-          Oleh karena itu kita harus waspada terhadap ancaman dan gangguan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia tersebut.
-          Rakyat Indonesia harus membangun rasa kebersamaan, dan menjadikan perbedaan sebagai sumber kekuatan bersama.
-          Jika Negara aman dan damai, maka kegiatan pembangunan di segala bidang lancar. Rakyat melalukan kegiatan dengan tenang dan leluasa,s eperti bekerja, bersekolah, berolah raga dan masih banyak aktifitas lainnya.
-          Jika tidak bisa menemukan kebersamaan dari perbedaan-perbedaan yang ada di antara rakyat Indonesia, maka Negara tidak dapat berfungsi dengan baik, karena tidak ada kerjasama antar warga.
-          Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas banyak suku bangsa dengan adapt-istiadat serta budaya dan kepentingan yang berbeda-beda.
-          Perbedaan dan kepentingan tersebut tentu tidak boleh mengalahkan kepentingan bangsa dan Negara. Seluruh rakyat memiliki kesamaan pandang juga sikap bahwa NKRI merupakan suatu kesatuan yang utuh dan tidak boleh terpecah belah dalam seluruh aspek kehidupan baik sosial, ekonomi, budaya pertahanan dan keamanan.
-          Persatuan dan kesatuan merupakan sejarah untuk terwujudnya NKRI yang kokoh.
TUGAS DI RUMAH

  1. Apa yang menjadi  tekad para pejuang pendiri NKRI ?
Jawab ………………
  1. Mengapa NKRI merupakan pilihan terakhir bagi para pendiri bangsa Indonesia ini ?
Jawab ………………
  1. Jelaskan sikap yang harus dimiliki dan dipelihara rakyat Indonesia agar keutuhan NKRI tetap terjafa!
Jawab ………………
  1. sebutkan beberapa gangguan atau pemberontakan yang berusaha membubarkan NKRI !
Jawab ………………
  1. Apakah arti “Hidup aman dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia “ !
Jawab ………………
 
  
C.    UPAYA MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
·             Setiap rakyat Indonesia mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga keutuhan NKRI. Sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa, kita harus turut serta dalam menjaga dan mempertahankan NKRI.
·             Jika rakyat bersatu dan bekerja sama membangun bangsa dan negaranya, maka pembangunan di Negara tersebut sangat mungkin berhasil.
·             Sengan semangat bersatu kita dapat menghalau setiap ancaman dan gangguan dari pihak manapun.
·             Kita mengeri bahwa bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa, dengan latar belakang budaya, adapt istiadat yang berbeda,s ehingga sangat berpeluang terjadi konflik, terutama antar suku dan kita menghindari konflik itu tidak terjadi.
·             Perbedaan suku bangsa Indonesia menjadi modal kekuatan untuk menjaga keutuhan NKRI, kita bangga memiliki suku yang beraneka ragam.
·             Keragaman suku apabila kita pelihara dan dipupuk akan menjadi kekuatan yang sangat hebat untuk menangkal semua gangguan atau ancaman yang ingin memecah belah bangsa Indonesia.
·             Keragaman suku merupakan kenyataan yang tak dapat kita pungkiri sebagai warga Negara yang baik, kita harus menghargai setiap suku yang ada di wilayah NKRI ini termasuk suku dari Negara lain.
·             Keragaman suku ini membawa keragaman juga pada budaya kita punya bahasa daerah, lagu daerah, tarian daerah, rumah adapt, alat musik tradisional dan berbagai kegiatan lain yang bernilai seni.

Keragaman suku dan budaya merupakan potensi bangsa yang sangat berharga.

TUGAS KELOMPOK
  1. Cari tahu mengenai kesenian-kesenian yang berasal dari daerah kalian.
Kemudian buatlah daftarnya dalam table di bawah.
Daftar kesenian di Daerah Tempat Tinggalku
No
Nama Kesenian
Makna
1
Lompat batu ( Nias )
Menunjukkan bahwa seorang anak laki-laki sudah memasuki usia dewasa
2


3


4


5


6



  1. Dalam kehidupan sehari-hari kita pernah mendengar peribahasa.
Coba diskusikan dengan kelompokmu tentang makna peribahasa di bawah ini !
1.      Ada gula ada semut
Makna peribahasa tersebut adalah :
-------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2.      Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
Makna peribahasa tersebut adalah :
-------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3.      Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.
Makna peribahasa tersebut adalah :
-------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4.      Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.
Makna peribahasa tersebut adalah :
-------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


·         Dalam kehidupan sehari-hari, tentu harus hidup rukun, damai berdampingan satu sama yang lain. Kita memiliki perbedaan, tetapi juga memiliki persamaan.
·         Perbedaan merupakan kekayaan dan kekuatan, sedangkan persamaan merupakan modal utama untuk membangun bangsa ini.
·         Kita sama-sama bangsa Indonesia, satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia
·         Kita semua bersatu membangun bangsa, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, kita semua harus membaur menjadi satu, kita bersaudara, kita anak-anak Indonesia.
·         Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI baiks ebagai siswa sekolah Dasar maupun sebagai anggota masyarakat.
·         Upaya agar NKRI ini tetep utuh dan berdiri kokoh, persatuan dan kesatuan tetap harus kita lestarikan, dan hubungan kemasyarakatan tetap kita bina.
·         Banyak sekali kegiatan di sekitar kita yang dapat mempercepat persatuan dan kesatuan antar masyarakat. Misalnya gotong royong membangun sarana dan prasarana, membangun Pos Kampling, Posyandu, lapangan olah raga, kebersihan lingkungan dan lain-lain.
·         Gotong royong memiliki arti yang sangat tinggi, karena untuk semua pekerjaan dapat selesai dengan cepat.
·         Kebersamaan dan keikut sertaan masyarakat dapat memupuk tali persaudaraan antar warga dan mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan.

TUGAS DI RUMAH
A. Hal-hal yang dapat aku lakukan untuk menjaga keutuhan NKRI :
·         Sebagai anggota masyarakat :
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
·         Sbagai siswa :
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________



C.     Diskripsikan gambar di bawah ini yang merupakan salah satu ccontoh sikap dan perilaku yang mendukung keutuhan NKRI !
Salah satu cirri masyarakat Indonesia adalah sifat gotong royong
untuk kepentingan bersama.

     ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

UJI KOMPETENSI I
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar !
I. Syair terakhir lagu "Dari Sabang Sampai Merauke" ialah…..
                a. itulah Indonesia
b. Indonesia tanah airku
c. tanah airku Indonesia
d. menjunjung tanah airku
2. Sejak proklamasi kemerdekaan, bangsa kita telah bertekad untuk hidup dalam bingkai . . . .
a. Negara Republik Indonesia Serikat
b. Negara Kesatuan Republik Indonesia
c. Negara Kesatuan Indonesia
 d. Negara Indonesia Bersatu
3. Pada awal kemerdekaan, wilayah Negara Kesatuan Republik Indone­sia meliputi . . . .
            a. 8 provinsi                                                     c. 10 provinsi
            b. 9 provinsi                                                    d. 11
4. Dari waktu ke waktu, wilayah NKRI mengalami perubahan, baik jumlahprovinsi maupun luas wilayahnya. Hal itu sesuai dengan ....
      a.  keinginan presiden                                  c. keinginan anggota DPR
b. tuntutan kebutuhan                                 d. keinginan negara lain
5. Negara Kesatuan Republik Indonesia bukanlah negara yang berdiri dengan sendirinya, tetapi melalui . . . .
      a. pengorbanan jiwa, raga, don harta rakyat
     b. pemberian pemerintahan Jepang
      c. hasil perjuangan sekelompok orang saja
      d. perjuangan para pahlawan semata
6. Bagi para pendiri don rakyat Indonesia, NKRI merupakan
a. negara yang bisa dipisah-pisahkan
b. pilihan yang masih bisa berubah
c. pilihan bentuk negara terakhir
d. keinginan sekelompok orang saja
7. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para                                   .
      a. pemerintahnya
b. pahlawannya
c. pengkhianat bangsa
d. presidennya
8. Tiga usaha yang ingin memecah belah NKRI ialah …….
a. PKI Madiun, RMS, dan Perang Puputan
b. Perang Diponegoro, RMS, don G 30 S PKI
c. G 30 S PKI, Gerakan Aceh Merdeka, dan OPM
d. Gerakan Aceh Merdeka, Perang Padri, dan Perang Diponegoro
9. Semua warga negara Indonesia harus memandang NKRI sebagai suatu wilayah yang ……..
a. terpecah belah                                          c. utuh
b. berbeda                                                    d. terpisah satu soma lain
10. Setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda-beda, tetapi tidak boleh mengalahkan kepentingan . . . .
a. bangsa                                                      c. presiden
b. pemerintah                                              d. golongan
11-. Wilayah lautan Indonesia lebih luas dari pada daratannya, maka sudah menjadi keharusan bahwa Indonesia memiliki ...........................................................
a. angkatan laut yang kuat
b. angkatan udara yang kuat
c. angkatan darat yang kuat
d. angkatan kepolisian yang kuat
12. Wilayah Indonesia antara perairan dan daratan lebih luas perairannya rasio perbandingannya adalah ……
      a.  3 : 4                                          c. 3 : 3
      b. 4 : 5                                           d. 3 : 2
13. Karena wilayah lautan lebih luas dari daratan maka Indonesia disebut Negara …..
      a. agraris                                        c. berkembang
      c. maritime                                    d. kepulauan
14. Negara asing yang pernah menjajah Negara Indonesia adalah ….
      a. Eropa, Belanda, Spanyol
      b. Inggris, Perancis, Portugis
      c. Jepang, Portugis, Amerika
      d. Portugis, Spanyol, Belanda
15. Bangsa Indonesia dapat mengusir penjajah karena …..
      a. persenjataan yang modern
      b. didukung oleh bangsa lain
      c. semangat persatuan dan kesatuan
      d. memiliki ABRI
16. setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda-beda, tetapi tidak boleh mengalahkan kepentingan ….
      a. golongan                                                c. pemerintah
      b. bangsa                                                   d. Negara
17. Siapakah yang berkewajiban menjaga keutuhan Indonesia ?
      a.  Tentara Nasional Indonesia
      b. Tentara Nasional Indonesia dan kepolisian
      c. Sluruh warga negara Indoensia
      d. Presiden dan Aparatur Negara
18. Diantara tindakan atau perilaku tersebut, yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan Indonesia, adalah …..
      a. memusuhi umat agama lain
      b. menebang hutans ecara liar
      c. menghormati teman yang berbeda suku
      d. membuat kacau ketika hari besar agama lain
19. Indonesia kaya akan kebudayaan. Salah satu kebudayaan Indoensia di bidang budaya adalah tarian adapt. Tari seudati dan Saman berasal dari ….
      a. Aceh                                                      c. Bali
      b. Jawa                                                      d. Papua
20. Indonesia terdiri dari banyak pulau, baik besar maupun kecil. Yang termasuk pulau besar di Indonesia adalah ….
      a. Pulau Nias
      b. Pulau Komodo
      c. Pulau Papua
      d. Pulau Nusa Kambangan
11. Isilah titik-titik pada soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Persatuan dan kesatuan merupakan syarat mutlak terwujudnya ....
2. Negara yang aman merupakan dambaan seluruh ....
3. Contoh kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa adalah . .     -
4. Jika sering terjadi kerusuhan, maka kehidupan masyarakat menjadi tidak....
5. Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan tanggung jawab. ..
6. Perbedaan suku dan budaya di Indonesia justru merupakan ....
7. Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus hidup ....
8. Selain memiliki perbedaan, sebagai warga negara Indonesia, kita juga memiliki…...
9. Pekerjaan yang besar don berat dapat diselesaikan dengan cepat jika dilakukan secara…..
10. "Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing" memiliki makna ……

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
  1. Apa maksud kalimat “ Negara Kesatuan Republik Indoensia merupakan pilihan terakhir !
Jawab : ………
  1. Bagaimana sikap kita terhadap perbedaan suku, bangsa, adapt istiadat yang ada di Negara kita ?
Jawab : ………
  1. Bagaimana upaya kita menciptakan NKRI yang lebih aman dan damai ?
Jawab : ………
4.      Jelaskan makna dari peribahasa “ Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh “ !
Jawab : ………
  1. Jelaskan dua jenis kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab : ………


BAB III
Peraturan Pusat dan Peraturan Daerah

Indikator Materi :
1.      Menjelaskan  mengenai pengertian Peraturan
2.      Menjelaskan pengertian peraturan Pusat serta Undang-undang
3.      Menyebutkan contoh-contoh peraturan pusat
4.      Menjelaskan pengertian peraturan daerah
5.      Menjelaskan mengapa dibuat peraturan daerah.

Rangkuman Materi :
A. PERATURAN
·         Peraturan merupakan tindakan yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan. Setiap tempat memiliki peraturan sendiri
·         Agar semua kegiatan dapat berhasil dengan sukses dan memuaskan tentunya dibuat peraturan. Missal di rumah memiliki peraturan dan peraturan agar anggota rumah tangga tersebut berlaku disiplin.
·         Di lingkungan masyarakat dibuat peraturan agar warganya berlaku tertib, jujur, aman dan damai dalam bermasyarakat.
·         Di sekolah ada peraturan agar siswanya berlaku disiplin, tertib waktu, tertib berpakaian, dan jujur.
·         Selain diuraikan di atas juga terdapat peraturan-peraturan lainnya. Missal : peraturan kantor, peraturan lalu lintas, peraturan pemerintah ( PP )
·         Peraturan perlu dibuat dan ditaati agar tercipta ketertiban dan keteraturan.
·         Melanggar peraturan akan dikenakan sangsi. Kita tahu bahwa Negara Indonesia adalah Negara hukum. Maksudnya Negara Indonesia dijalankan berdasar hukum atau aturan yang ditetapkan oleh pemerintah
·         Setiap warga Negara Indonesia wajib menjunjung tinggi hukum tanpa kecuali. Setiap orang dengan kedudukan dan jabatan apapun sama dihadapan hukum.
·         Siapapun yang bersalah melanggar hukum harus dikenakan sangsi sesuai hukum dan aturan yang berlaku.
·         Hokum yang tertinggi menjadi dasar hukum dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia adalah UUD 1945.
·         Setiap undang-undang dan peraturan yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945. 
·         Urutan Peraturan yang berlaku di Indonesia mulai dari yang tertinggi sebagai berikut :
1.      Undang-undang Dasar 1945 ( UUD 1945 )
-          UUD 1945 sebagai aturan yang tertinggi, telah mengalami beberapa perubahan pada pasal-pasal, karena kehidupan berbangsa dan bernegara terus berkembang. Perubahan UUD 1945 ini disebut Amandemen.
2.      Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat ( Tap MPR )
-          Tap MPR merupakan peraturan – peraturan yang ditetapkan oleh MPR dalam bidangnya.
-          Tap MPR juga harus ditaati oleh anggota MPR, Pemerintah dans eluruh rakyat Indonesia
3.      Undang – undang ( UU )
-          UU adalah peraturan yang dibuat sebagai pelaksanaan UUD 1945 atau Tap MPR
-          Rancangan Undang-undang ( RUU ) dapat diajukan oleh Presiden atau DPR, tetapi harus disetujui oleh kedua belah pihak.
4.      Peraturan Pemerintah ( PP )
-          PP adalah perubahan yang dibuat oleh Presiden untuk menjalankan Undang-undang yang telah ditetapkan sebelumnya.
5.      Keputusan Presiden ( Kepres )
-          Keputusan ini dibuat oleh Presiden untuk mengatur masalah-masalah tertentu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
-          Juda ada Instruksi Presiden yaitu instruksi dalam rangka koordinasi tugas pembangunan yang dilaksanakan oleh departemen.
6.      Keputusn Menteri dan Instruksi Menteri
-            Peraturan yang ditetapkan menteri berkaitan dengan tugas-tugas di departemen
7.      Peraturan Daerah
-          Peraturan Daerah ( Perda ) adalah peraturan yang dibuat oleh pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan Kota dengan persetujuan DPRD masing-masing.
·         Sarana perundang-undangan dibuat untuk mengatur pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan, serta memiliki fungsi yang berbeda seuai dengan bidangnya.
·         Misalnya peraturan daerah tidak boleh bertentangan dengan keputusan Presiden dan seterusnya.

B. PERATURAN PUSAT
1. Pengertian Peraturan Pusat
§  Peraturan pusat adalah undang-undang yang dibuat oleh pemerintah Pusat dan berlaku secara nasional
§  Oleh karena itu seluruh warga Negara dan pemerintah daerah harus menjalankan dan menaati peraturan pusat.
§  Peraturan Pusat tidak hanya Undang-undang saja, tetapi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – undang ( Perpu ), ketetapan MPR, Peraturan pemerintah, Kepres, Keputusan Menteri, Instruksi Menteri juga merupakan peraturan Pusat.
§  UUD 1945 merupakan sumber peraturan di Negara Indonesia.
2. Contoh Peraturan Pusat
      a. Peraturan Wajib Belajar
§  Menurut UU No. 20 tahun 2003 mengenai kewajiban setiap warga Negara yang berusia tujuh sampai lima belas tahun untuk mengikuti program pendidikan dasar (SD) dan sekolah menengah Pertama ( SMP )
§  Sebagai Peraturan Pusat, UU ini harus ditaati dan dilaksanakan oleh seluruh warga Negara Indonesia.
Setiap anak Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu.
Hal ini sudah ditetapkan dalam Undang-undang.

      b.  Peraturan Tentang Korupsi
§  Korupsi adalah penyalah gunaan fasilitas wewenang atau jabatan untuk kekayaan pribadi atau sekelompok orang.
§  Korupsi muncul karena lemahnya peraturan hukum, kurangnya kebebasan berpendapat, gaji pegawai negeri kecil, tidak ada kontrol terjadinya penguapan.
§  Peraturan yang mengatur tentang pemberantasan Korupsi adalah UU No. 30 tahun 2002
§  Badan yang melakukan penyidikan, penyelidikan dan penuntasan tindakan Korupsi dipercayakan kepada Komite Pemberantasan Korupsi ( KPK ).
      c. Peraturan Lalu Lintas
·             Peraturan lalu lintas adalah peraturan yang mengatur tata tertib berlalu lintas di jalan raya
·             Peraturan pusat yang mengatur tata tertib lalu lintas ini dimuat pada UU No. 14 tahun 1992.
·             Peraturan ini menyatakan bahwa setiap orang yang menggunakan jalan raya wajib menaati peraturan lalu lintas.
·             Contoh : setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki SIM dan setiap pengguna jalan wajib menaati rambu-rambu yang ada.
·             Bagi pengemudi atau pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu lintas akan dikenai sangsi atau hukuman.
·              Di Indonesia sangsi atau hukuman yang dijalankan berupa membayar denda atau hukuman kurungan sesuai dengan tingkat kesalahannya.
Contoh pelanggaran peraturan lalu lintas

Tugas di Rumah
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan benar !
1.      Apa yang dimaksud dengan peraturan ?
Jawab : …..
2.      Tulislah urutan peraturan perundang-undangan pusat di Indonesia !
Jawab : …..
3.      Mengapa UUD 1945 menjadi Undang-undang yang paling tinggi di negara  Indonesia ?
Jawab : …..
4.      Sebutlah salah satu contoh peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat !
Jawab : …..
5.      Siapa saja yang harus menaati peraturan pusat ?
Jawab : …..

C. PERATURAN DAERAH
    1. Pengertian Peraturan Daerah :
          - Peraturan daerah adalah peraturan yang dibuat oleh lembaga-lembaga yang berwenang yang ada di daerah, baik daerah tingkat I maupun daerah tingkat II
          - Lembaga-lembaga yang berwenang itu antara lain : DPRD, Gubernur, Bupati dan Walikota.
          - Peraturan – peraturan ini dibuat untuk mengatur masyarakat daerah terutama dalam rangka otonomi daerah.
          - Peraturan daerah meliputi :
                  - Peraturan daerah propinsi yang dibuat oleh DPRD propinsi dan Gubernur
                  - Peraturan daerah Kabupaten / Kota dibuat oleh DPRD Kabupaten / Kota bersama Bupati / Walikota
                  - Peraturan Desa ( Perdes ) atau yang setingkat dibuat oleh Lembaga Perwakilan Desa atau yang setingkat.
    2. Contoh Peraturan Daerah :
          - Setiap daerah mempunyai peraturan daerah yang berbeda-beda tergantung dari keadaan daerah bersangkutan. Tetapi secara umum terdapat peraturan yang materinya sama, yaitu peraturan yang mengatur tentang pemerintahan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, perdagangan, pengelolaan sumber daya alam, ijin mendirikan bangunan ( IMB )
              a.   Contoh beberapa Peraturan Daerah No. 7 tahun 1991 tentang Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB ) di Jakarta. Perda ini mengatur tata cara pendirian bangunan baru dan tambahan.
              b.   Masih di Jakarta Peraturan Daerah tentang Larangan Merokok di tempat umum. Hal ini dilakukan agar udara di ruang atau tempat umum lebih bersih. Larangan berlaku di tempat orang berkumpul seperti sekolah, terminal, di dalam bus atau angkutan umum.
Contoh Peraturan Daerah, membangun harus mendapatkan
izin dari pemerintah daerah setempat.
              c.   Di Kabupaten Bantul Yogyakarta peraturan daerah yang mengatur masalah sumber daya alam dan lingkungan, terutama masalah penambangan pasir, kerikil dan batu di sungai.

Penambangan pasir yang berlebihan akan menyebabkan
terjadinya kerusakan lingkungan alam

d. Peraturan daerah di Papua mengenai penerapan pembentukan Lembaga Perlindungan Anak. Perda ini mengatur agar kehidupan anak-anak dilindungi, artinya anak seusia SD harus mendapatkan pendidikan dan tidak boleh dipaksa mencari penghasilan sendiri.
Salah satu Peraturan Daerah Papua
mengatur tentang masalah pendidikan

Tugas di Rumah
Pertanyaan :
1.  Apa yang dimaksud dengan peraturan daerah ?
Jawab : ………
2.  Untuk apa dibuat peraturan daerah?
Jawab : ………
3.  Sebutkan urutan peraturan-peraturan daerahmu !
Jawab : ………
4.  Apa saja peraturan-peraturan daerah yang harus  kamu ketahui ?
Jawab : ………
5.  Mengapa peraturan daerah tidak boleh bertentangan dengan peraturan pusat ?
Jawab : ………

D.  PROSES PEMBUATAN PERATURAN DAERAH DAN PERATURAN PUSAT
      1, Urutan Pembuatan Peraturan
            - Proses pembuatan peraturan pusat dan peraturan daerah lebih rumit. Karena peraturan pusat berlaku untuk seluruh rakyat Indonesia, dan berlaku untuk seluruh penduduk suatu daerah untuk peraturan daerah.
            - Masalah yang diatur dalam peraturan pusat dan peraturan daerah seperti peraturan lalu lintas, peraturan pajak, dsb.
            - Proses pembuatan peraturan pusat dan peraturan daerah hampir sama hanya pihak-pihak yang membuat yang berbeda
            - Peraturan Pusat dibuat oleh Presiden dan DPR sedangkan peraturan daerah dibuat oleh DPRD, Gubernur, Bupati/ Walikota, dan perangkat yang lain.
a.       Membuat rancangan peraturan
-          Rancangan pembuatan peraturan atau undang-undang untuk peraturan pusat dibuat oleh Presiden  atau DPR, sedangkan rancangan Peraturan Daerah dibuat  oleh Gubernur, Bupati / Walikota dan DPRD.
b.      Mengajukan rancangan kepada DPR atau DPRD
-          Rancangan Peraturan atau Undang-undang yang telah dibuat oleh pihak tertentu tadi akan diajukan dan dibahas secara musyawarah untuk mencapai mufakat
c.       Membahas rancangan peraturan atau Undang-undang
-          Rancangan peraturan dan Undang-undang yang telah diajukan, dibahas bersama-sama dalam persidangan di DPR atau DPRD
d.      Menetapkan rancangan peraturan atau Undang – undang
-          Setelah dibahas bersama-sama dalam persidangan di DPR atau DPRD, langkah selanjutnya menetapkan rancangan peraturan tersebut menjadi peraturan dan undang-undang.
e.       Mensahkan peraturan dan Undang-undang
-     Setelah ditetapkan ternyata baik dan memenuhi syarat peraturan dan undang-undang tersebut, akan disyahkan DPR atau DPRD menjadi Undang-undang.
   Cara – cara pembuatan peraturan :
2. Keterlibatan masyarakat dalam Pembuatan Peraturan
§   Ketertiban masyarakat dalam pembuatan peraturan sebagai berikut :
a.   Memberikan evaluasi apakah peraturan-peraturan yang berlaku itu berguna untuk kepentingan rakyat banyak ! dan dalam menjalankan peraturan itu tidak ada masalah !
b.  Memberikan masukan kepada pemerintah, DPR atau DPRD yang masukan tersebut harus memperhatikan kepentingan yang diajukan oleh masyarakat.
c.   Menyampaikan kekurangan-kekurangan dari sebuah peraturan.

E. PELAKSANAAN PERATURAN
                
       -    Kita sering kali menemukan pengumuman seperti yang ada di atas, diberitahukan kepada masyarakat. Tujuannya masyarakat memahami.
-       Tujuan masyarakat memahami dan menyadari betapa pentingnya melaksanakan peraturan yang telah disepakati itu.
-       Untuk melaksanakan peraaturan kita perlu memiliki sikap selektif.
·      Apakah peraturan tersebut sesuai  dengan kebiasaan-kebiasaan atau alat yang berlaku di masyarakat ?
·      Apakah peraturan tersebut  membela kepentingan masyarakat ?
·      Peratusan  harus bersifat adil artinya member  semua pihak dalam masyarakat.
·      Praturan tersebut juga tepat atau tidak
·      Apakah peraturan tersebut efektif dalam pelaksanaannya
·      Apakah pelaksanaan peraturan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.
-          Peraturan yang telah dibuat harus dipatuhi, mematuhi peraturan berarti melaksanakan apa yang telah ditetapkan oleh peraturan dalam kehidupan bermasyarakat.


-          Kita harus menaati peraturan yang ada karena :
a.           Peraturan itu dapat menciptakan ketertiban dan ketenteraman dalam masyarakat
b.           Peraturan membuat sesuatu itu berjalan dengan lancar.
-          Jika tidak melaksanakan peraturan, maka akan terjadi kekacauan dalam kehidupan bermasyarakat

Tugas di rumah
      Pertanyaan :
1.      Bagaimana sikap kita terhadap sebuah peraturan?
Jawab : …….
2.      Mengapa kita harus menaati peraturan yang telah dibuat ?
Jawab : …….
3.      Sebutkan contoh-contoh melaksanakan peraturan di rumah, di sekolah, dan di masyarakat !
Jawab :  1. …….
2.  …….
3.  ……..

UJI KOMPETENSI II

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Mematuhi perintah orang tua adalah salah satu contoh melaksanakan peraturan di lingkungan …..
    a. sekolah
    b. keluarga
    c. masyarakat
    d. negara
2. Dalam UU Pendidikan disebutkan bahwa wajib belajar berlaku bagi anak berusia . . . .
a. 7 hingga 15 tahun
b. 5 hingga 10 tahun
c. 6 hingga 12 tahun
d. 6 hingga 15 tahun
3. Pendidikan dasar yang dimaksud dalam UU Pendidikan meliputi
a. TK dan SD
b. SD dan SMP
c. SD dan SMA
d. SMP dan SMA
4. Peraturan pusat wajib ditaati dan dilaksanakan oleh …….
           a. golongan tertentu saja
b. masyarakat daerah tertentu
c. pemerintah pusat
d. seluruh rakyat Indonesia
5. Lembaga yang berhak membuat rancangan peraturan daerah tingkat 1 adalah …….
            a. Presiden dan MPR
            b. Presiden dan DPR
            c. Gubernur dan DPRD Tingkat I
            d. Bupati/Walikota dan DPRD Tingkat II
6. Setiap daerah membuat peraturan daerah (perda) sendiri-sendiri yang disesuaikan dengan …..
           a. masa jabatan kepala daerah                          c. kemajuan daerah
b. kebutuhan daerah                                         d. geografis daerah
7.  Peraturan Daerah dibuat untuk mengatur penyelenggaraan ....
a. pemerintahan di daerah
b. pemerintahan pusat
c. pemerintahan yang sah
       d. pemungutan pajak
8. Mematuhi perintah ketua RT adalah salah satu contoh melaksanakan peraturan…..
           a. keluarga                                                        c. lingkungan
           b. masyarakat                                                   d. Negara
9. Peraturan perundang-undangan dibawah UUD 1945 yaitu ....
a. Undang undang (UU)
b. Peraturan Pemerintah (PP)
c. Keputusan Presiden (KEPRES)
           d. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (Tap MPR
10. Yang memiliki wewenang untuk mengusulkan dan mengesahkan Undang-Undang adalah......
a. Badan Pemeriksa keuangan
b. Presiden
c. Polisi Republik Indonesia (POLRI)
       d. Mahkamah Agung (MA)
11. Negara Indonesia adalah negara hukum. Artinya ......
a. negara berdasarkan hukum yang ditetapkan pemerintah
b. negara yang berdasarkan perintah raja
c. negara yang berdasarkan aspirasi rakyat
d. negara yang berdasarkan pada kekuasaan pemerintah
12. Tujuan dibuatnya sebuah peraturan adalah …..
a. agar peraturan tersebut ditaati
b. agar masyarakat menjadi tidak tertib
c. untuk menjaga ketertiban masyarakat
d. untuk melindungi masyarakat dari serangan musuh
13. Peraturan perundang-undangan Indonesia yang tertinggi adalah …..
a. Peraturan Pemerintah
b. Undang-undang
c. UUD 1945
d. Ketetapan M PR
14. Keputusan yang dibuat untuk membantu presiden dalam melaksana­kan tugas-tugasnya disebut . . . .
a. Peraturan Pengganti Undang-undang
b. Ketetapan MPR
c. Keputusan Menteri
d. Peraturan Pemerintah
15. Salah satu alasan orang melakukan tindakan korupsi adalah …….
a. pemerintahan yang demokratis
b. lemahnya penegakan hukum
 c. kebebasan berpendapat
       d. lingkungan yang terbuka
16. Peraturan Daerah dibuat untuk mengatur
a. pemerintahan di daerah
b. pemerintahan pusat
c. pemerintahan yang sah
d. pemungutan pajak
17. Peraturan yang mengatur pemerintahan daerah tingkat I dibuat oleh….
        a. presiden                                               c. gubernur
        b. DPR                                                    d. MPR
18. Langkah pertama dalam pembuatan peraturan yang dilakukan oleh pemerintah pusat adalah . . . .
a. menetapkan peraturan
b. mensahkan peraturan tersebut
c. mengajukan peraturan tersebut
d. membuat rancangan peraturan
19. Yang berhak mensahkan sebuah undang-undang adalah …..
a. MPR
b. presiden
c. DPR
d. gubernur
10. Berikut adalah contoh keterlibatan masyarakat dalam pembuatan peraturan,kecuali . . . .
a. memberikan evaluasi atas rancangan peraturan
b. membuat rancangan peraturan
c. memberikan masukan pada pemerintah
d. menyampaikan saran dan kritik,atas peraturan
20.  Berikut adalah sebuah keterlibatan masyarakat dalam pembuatan peraturan, kecuali…….
         a. memberikan evaluasi atas rancangan peraturan
         b. membuat rancangan peraturan
         c. memberikan masukan pada pemerintah
         d. menyampaikan saran dan kritik atas peraturan

II. Isilah titik-titik pada soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.  Peraturan Daerah kabupaten/kota dibuat oleh ....
2. Rancangan peraturan daerah provinsi diajukan oleh….
3. Peraturan daerah provinsi dinyatakan sah apabila disetujui oleh……
4. Yang wajib menjaga kelestarian alam di lingkunganmu adalah …..
5. Peraturan pusat yang dibuat berlaku untuk ......
6. Lembaga yang mensahkan sebuah undang-undang adalah …….
7. Sikap kita terhadap sebuah peraturan adalah ……
8. Sifat dari peraturan daerah adalah…….
9. Salah satu contoh melaksanakan peraturan di sekolah adalah..…..
10.Salah satu contoh Peraturan Pusat ialah ......
11. Cara menegakkan peraturan perundang-undangan adalah ......
12. Peraturan yang dibuat oleh pemerintah dan DPR yang memiliki kekuatan mengikat disebut ....
13. Agar kehidupan berbangsa dan bernegara tertib dan teratur kita membutuhkan ...
14. Peraturan perundang undangan tingkat daerah meliputi ....
15. Seseorang dianggap korupsi apabila ....






IIL JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANY AAN DIBAWAH INI DENGAN TEPAT !
  1. Apakah yang dimaksud dengan peraturan pusat ?
            Jawab : .................

2.    Sebutkan salah satu contoh peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat !
 Jawab : ................
      3.     Siapa saja yang berhak membuat rancangan peraturan ?
Jawab : ...............
4.    Mengapa masyarakat perlu mengambil bagian dalam pembuatan undang-undang ?
Jawab : .........
      5.   Bagaimana masyarakat menolak aturan-aturan yang tidak disetujui ?
Jawab : ...............
      6.   Bagaimana sikap kita terhadap sebuah peraturan ?
              Jawab : ....
      7.     Mengapa kita harus menaati peraturan ?
              Jawab : ……
8.   Tulislah urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia !
              Jawab : …….
9.   Sebutkan cara melaksanakan aturan dl masyarakat !
              Jawab : …….
      10.  Menurut wilayah berlakunya, ada berapa jenis peraturan perundang-undangan ?
              Jawab : …….

  

UJI KOMPETENSI AKHIR SEMESTER I
I. Berilah tanda Silang ( x ) pada huruf a, b, c atau d menurut jawaban benar !
    1. NKRI merupakan singkatan dari . . . .
a. Negeri Kesatuan Rakyat Indonesia
b. Negara Kesatuan Republik Indonesia
c. Negara Kebangsaan Republik Indonesia
d. Negara Kebanggaan Rakyat Indonesia
2. Siapakah yang berkewajiban menjaga keutuhan Indonesia?
a. Tentara Nasional Indonesia.
b. Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Indonesia.
c. Seluruh warga negara Indonesia.
d. Presiden dan para aparatur negara.
3. Di antara tindakan-tindakan berikut, manakah yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan Indonesia?
a. Memusuhi umat agama lain.
b. Membabat hutan dengan semena-mena.
c. Menghormati teman yang berbeda suku.
d. Membuat kerusuhan pada hari besar agama lain.
4. Indonesia kaya akan budaya. Salah satu bentuk kekayaan Indonesia di bidang budaya adalah tarian daerah. Tari Seudati dan Saman berasal dari ……
a.  Aceh          
b. Jawa
c. Bali
d. Papua
5. Dahulu, para pemuda bersumpah dalam Sumpah Pemuda. Sumpah itu menjadi ikrar yang mempersatukan kita dalam NKRI. Ikrar tersebut layak kita pertahankan untuk memertahankan NKRI. Manakah yang termasuk dalam Sumpah Pemuda tersebut?
a. Satu pulau, Pulau Jawa.
b. Satu suku, suku Batak.
c. Satu bangsa, bangsa Indonesia.
            d. Satu agama, agama Islam_
6. Indonesia terdiri atas banyak pulaubaik besar maupun keci(. Yang ter­masuk pulau besar di Indonesia adalah ....
a. Pulau Nias
b. Pulau Komodo
c. Pulau Papua
d. Pulau Nusakambangan
7. Banyak tindakan yang bisa dalam menjaga keutuhan NKRI. Salah satu contoh tindakan tersebut adalah ……
a. mengacuhkan tetangga yang tertimpa musibah
b. melanggar peraturan yang berlaku
c. mengolok-olok teman yang berbeda suku
d. menaati peraturan yang berlaku
8. Ketentuan yang dibuat oleh pemerintah, disetujui oleh dewan perwakilan, dan ditandatangani oleh kepala pemerintahan serta mempunyai kekuat­an yang mengikat disebut ....
a. undangan
b. organisasi
c. undang-undang
d. musyawarah
9. Peraturan perundang-undangan mempunyai sifat mengikat. Pelanggaran terhadap undang-undang mengakibatkan denda atau hukuman. Denda atau hukuman tersebut dikenakan kepada ....
a. orang kaya saja
b. orang miskin saja
c. kelompok tertentu saia
d. semua orang yang melanggar
10.Suatu ketika mobil Pak Jojon menerobos lampu merah. Akibatnya, terjadilah kecelakaan. Mobil Pak Jojon menabrak Alin yang sedang menyeberang jalan dizebra cross. Melihat kasus ini, tindakan tindakan sesuai peraturan perundang-undangan yang dilakukan adalah ……
        a. pejalan kaki seperti Alin dilarang menyeberang jalan
        b. Pak Jojon dibiarkan pergi karena ia orang kaya
        c. Pak Jojon dihukum sesuai dengan peraturan yang berlaku
    d.Alin dihukum karena mengganggu Pak Jojon yang sedang mengen­darai mobil
11. Banyak jenis peraturan perundang-undangan di Indonesia. Jika dilihat menurut wilayah berlakunya, peraturan perundang-undangan di negara kita terdiri atas….
a. peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan peraturan perun­dang-undangan tingkat daerah
b. undang-undang legislatif dan undang-undang eksekutif
c. Undang-Undang Dasar dan undang-undang biasa
d. Peraturan Presiden dan Peraturan Gubernur
12. Yang merupakan jenis peraturan perundang-undangan tingkat daerah adalah ....
a. Perda Provinsi
b. Peraturan Pemerintah
c. Peraturan Femerintah Pengganti Undang-undang
d. Undang-Undang Dasar tahun 1945
13. Yang merupakan contoh peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi seluruh Indonesia adalah ....
a.       Peraturan Daerah Kota Madya Yogyakarta tentang Tata Cara Pemitih­an Walikota
b.      Undang-undang Repub{ik Indonesia tentang Pemerintahan Daerah
c.       Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta tentang Larangan Merokok
d.      Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan tentang Pemanfaatan Sum­ber Daya Keiautan
14. Pihak yang berwenang merumuskan undang-undang di antaranya ....
            a.   polisi                                  c, tentara
            b.   hakim                                d. presiden

15. Cikal bakal organisasi adalah kencederungan manusia untuk hidup ....
      a. bersaing                                      c. berkelompok
b. bermusuhan                               d. sendirian
16. Sekelompok manusia yang diatur untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama disebut ....
      a. musyawarah                              c. omotomisasi
      b. organisasi                                  d. kelompok
17. Salah satu dari organisasi adalah ……
      a. tujuan yang berseberangan
      b. tujuan yang berbeda-beda
      c. tujuan sendiri-sendiri
      d. tujuan bersama
18. Organisasi kecil yang paling dekat dengan kita adalah ….
      a. keluarga                         c. pemerintahan desa
      b. partai politik                              d. pramuka
19. Dengan berorganisasi dan berkelompok, hidup kita akan ……
      a. lebih sulit                                   c. lebih mudah
      b. lebih susah                                 d. lebih rumit
20. Dari keempat organisasi di bawah ini, manakah yang tidak ada di seko­la h?
a. Pramuka.                                   c. Partai politik.
b. Koperasi Siswa.                        d. Unit kesehatan sekolah.

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Mempertahankan keutuhan Indonesia adalah tugas ...
2.      Bentuk negara Indonesia adalah ....
3.      Dua unsur pemerintahan yang terlibat dalam perumusan undang-undangadalah . . . dan ....
4.    Undang-undang yang memiliki kedudukan tertinggi di Indonesia adalah
5.      Seseorang yang melanggar peraturan atau undang-undang harus men­dapatkan . . . .
6.      Peraturan daerah adalah peraturan perundang-undangan yang berlakuuntuk....
7.      Larangan merokok di tempat-tempat umum yang berlaku di Jakartamerupakan salah satu contoh peraturan ....
8.      Keputusan bersama yang disetujui secara lisan oleh seluruh pesertamusyawarah disebut ......
9.      Sebelum pemungutan suara ditempuh, keputusan bersama hendaknya diambil dengan cara . . . .
10.  Pihak yang kalah dalam pemungutan suara harus melaksanakan keputusan bersama dengan ....
11.  Manusia membutuhkan manusia lainnya. Oleh karena itu, manusiacenderung hidup ....
12.  Organisasi memudahkan pengerjaan . . . .
13.  Sebuah organisasi membutuhkan sebuah . . . bersama
14.  Pemerintahan kelurahan merupakan contoh organisasi ...
15.  Salah satu manfaat berorganisasi adalah belajar untuk . . . pendapat orang lain.

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat jelas !
1.      Mengapa Indonesia disebut Negara maritime ?
      Jawab : ….
2.      Sebutkan bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia !
      Jawab : ….
3.      Bagaimana sikap kita terhadap perbedaan suku, budaya dan adapt istiadat yang ada di Negara kita?
      Jawab : ….
4.      Bagaimana upaya kita untuk menciptakan NKRI yang lebih aman dan damai ?
      Jawab : ….
5.      Bagaimana sikap kita terhadap peraturan dan Undang-undang ?
      Jawab : ….
6.      Mengapa masyarakat perlu mengambil bagian dalam pembuatan peraturan?
      Jawab : ….
7.      Mengapa kita harus mentaati peraturan?
      Jawab : ….
8.      Apa saja keterlibatan masyarakat dalam pembuatan peraturan?
      Jawab : ….
9.       Bagaimana proses terjadinya pembuatan peraturan ?
      Jawab : ….
10.  Untuk apa dibuat peraturan daerah ?
      Jawab : ….



KUNCI JAWABAN PKn KLAS V SEMESTER I
Uji Kompetensi I
I. Pilihan Ganda
1. c
6. c
11. a
16. d
2. b
7.b
12. d
17. c
3. a
8.c
13. b
18. c
4. b
9.c
14. d
19. a
5. a
10. b
15. c
20.  c

II. Isian :
  1. NKRI
  2. bangsa
  3. bekerja goyong royong, menjaga keamanan lingkungan
  4. tenang
  5. seluruh rakyat Indonesia
  6. kekuatan untuk mempertahankan NKRI
  7. rukun
  8. persamaan
  9. gotong royong
  10. pekerjaan yang berat jika dikerjakan bersama-sama akhirnya menjadi ringan

III. Uraian :
  1. Karena sudah menjadi jiwa bangsa Indonesia bahwa NKRI merupakan kesatuan yang utuh.
  2. saling menghargai dan menghormati
  3. selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
  4. Kita akan kuat apabila bersatu dan hancur apabila terpecah belah
  5. 1. memupuk persatuan dan kesatuan bangsa
2. saling menghargai dan menghormati terhadap sesama

UJI KOMPETENSI II
I.       Pilihan Ganda
1. b
6. b
11. a
16. a
2. a
7. a
12. c
17. c
3. b
8. c
13. c
18. d
4. d
9. a
14. c
19. b/c
5. c
10. b
15. b
20.  b

II.    Isian
1.      Bupati / Walikota dan DPRD
2.      Gubernur
3.      Gubernur dan DPRD I
4.      Seluruh penduduk / warga di lingkungan
5.      seluruh rakyat Indonesia
6.      DPR / Presiden
7.      menaati dan melaksanakan
8.      tidak bertentangan dengan peraturan pusat
9.      mengikuti upacara bendera setiap hari senin
10.  Peraturan lalu lintas sesuai dengan UU No. 14 tahun 1992
11.  mematuhi dan melaksanakan
12.  Undang-undang
13.  Peraturan atau Undang-undang
14.  Peraturan daerah

III.  Uraian
1.      Peraturan yang dibuat oleh Presiden dan DPR diberlakukan kepada seluruh rakyat Indonesia secara Nasional
2.      Program Wajib Belajar sesuai UU No. 20 tahun 2003
3.      Presiden dibantu menteri dan DPR
4.      Agar peraturan yang ditetapkan tidak bermasalah dan berguna untuk kepentingan masyarakat.
5.      Seharusnya peraturan tersebut harus ditinjau kembali
6.      menaati dan melaksanakan
7.      karena sebagai warga Negara yang baik harus taat hukum
8.      urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia
a.       UUD 1945
b.      Ketetapan MPR ( Tap MPR )
c.       Undang-undang ( UU )
d.      Peraturan Pemerintah ( PP )
e.       Keputusan Presiden ( Kepres )
f.       Keputusan Menteri dan Instruksi Menteri
9.       mengadakan sosialisasi, pakah persatuan tersebut membela kepentingan masyarakat dsb.
10.  Ada 2 yaitu Peraturan Pusat dan Peraturan Daerah


Uji Kompetensi Semester I
I. Pilihan Ganda
1. b
6. c
11. a
16. b
2. c
7.d
12. a
17. d
3. c
8 c
13. b
18. a
4. a
9. d
14. d
19.  c
5. c
10. c
15. c
20.  c

II. Isian
1.      seluruh warga Negara Indonesia
2.      Negara kesatuan
3.      presiden dan DPR
4.      UUD 1945
5.      Sanksi / hukuman
6.      penduduk di daerah
7.      daerah
8.      voting /  pemungutan suara
9.      musyawaraoh
10.  iklas
11.  berkelompok
12.  pekerjaan
13.  tujuan
14.  otonomi daerah
15.  menghargai

III. Uraian
1.      Karena luas daratan lebih sempit daripada lautannya
2.      Spanyol, Portugis, Belanda
3.      menghormatis erta mengharga
4.      selalu menjaga persatuan dan kesatuan
5.      menaati dan melaksanakan
6.      karena  peraturan yang dibuat harus berguna bagi kepentingan masyarakat banyak
7.      karena sebagai warga Negara yang baik harus menjunjung tinggi hokum yang berlaku
8.      –  memberikan evaluasi terhadap peraturan yang ditetapkan
-      memberikan masukan dan masukan tersebut harus memperhatikan kepentingan yang diajukan masyarakat
-      menyampaikan kekurangan-kekurangan dari peraturan yang telah dilaksanakan

sumber:
http://gudangecoretanku.blogspot.com/2014/10/pendidikan-kewarganegaraan-kelas-v.html
Previous
Next Post »
Thanks for your comment