Soal Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Tema 2 Bermain di Lingkungan Sub Tema 3 TA 2015/2016

SUB TEMA 3
 BERMAIN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

1.       Bermain dengan teman di sekolah harus saling…………..
a. Mencela
b. Menyayangi
c. Bersaing
2.       Bermain di sekolah sebaiknya dilakukan saat ………….
a. Belajar
b. Istirahat
c. Pulang sekolah
3.       Bermain dengan teman di sekolah sebaiknya………
a. Tidak membeda – bedakan teman
b. Dengan teman yang satu suku saja
c. Dengan teman dekat saja
4.       Meskipun kegemaran kita tidak sama dengan teman , tetapi kita harus tetap…..
a. Rukun
b. Tertib
c. Bersaing
5.       Apabila ada temanmu yang berkelahi, maka sikapmu adalah ………..
a. Diam saja
b. Ikut berkelahi
c. Melerainya
6.       Permainan kayu malele berasal dari daerah ………..
a. Sulawesi
b. Papua
c. Sunda
7.       Permainan yang tidak dilakukan secara berkelompok adalah ……..
a. Congklak
b. Bentengan
c. Bancakan
8.       Untuk melakukan permainan secara berkelompok diperlukan sikap ………
a. Kerja sama
b. Tidak mau dikalahkan
c. Mau menang sendiri
9.       Kita tidak boleh membantu teman saat ………..
a. Melakukan piket kelas
b. Lupa membawa alat tulis
c. Mengerjakan soal ulangan
10.    Teknik menghias benda dengan cara menempel benda – benda yang kecil atau biji – bijian disebut…………..
a. Kolase
b. Mozaik
c. Montase
11.    Tuliskan 2 contoh kerjasama yang dapat dilakukan di sekolah ……………
12.    Tuliskan 3 contoh permainan tradisional …………….
13.    Anak laki – laki dan perempuan bisa bermain bersama dengan ………….
14.    Penulisan tanda baca dan huruf kapital yang tepat adalah
a. Ayo, kita bermain bersama ?
b. Permainan apa yang kamu sukai Edo ?
c. Rina dan Edo bermain monopoli bersama.
15.    Pengumuman berbentuk gambar atau tulisan disebut dengan ……….
a. Cerpen
b. Plang
c. Poster
Bacalah cerita berikut, lalu jawablah pertanyaan di bawahnya !
Roni dan teman – temannya bermain dor trap bersama – sama.
Mula – mula,  mereka membentuk dua kelompok.
Robi juga ikut bermain. Sebenarnya , Robi lebih senang bermain perang – perangan. Tetapi, Roni dan teman – temannya ingin bermain dor trap.
Robi tidak memaksakan keinginannya.

“ Robi, Dor ! “ Roni menemukan persembunyian Robi.
Robi tidak marah pada Roni.
Robi mau mengakui kekalahan.
Robi dan teman – teman bermain dengan rukun.

16.    Permainan apa yang dilakukan Robi dan teman – teman ?
17.    Permainan apa yang lebih disukai Robi ? ………….
18.    Sikap baik apakah yang di tunjukkan Robi ? ……………
19.    Kalimat pembagian yang sesuai untuk pembagian di bawah adalah !



  
a.  10 : 2 = 5
b. 10 : 5 = 2
c.  10 : 10 = 1
20.    21 : 3 = ………………..
a. 4
b. 5
c. 7
21.    Apabila 36 : 3 = 12, perkiraan terdekat dari hasil pembagian 39 : 3 adalah……….
a. 11
b. 14
c. 15
22.    5 x n = 50 , maka nilai n adalah …………………
a. 9
b. 10
c. 8
23.    2 x 5 x 4 = …………..
a. 45
b. 20
c. 40
24.    30–5-5-5-5-5-5 = 0  apabila di tulis ke dalam kalimat pembagian adalah ……
a. 30 : 5
b. 30 : 6
c. 30 : 30
25.    Toni mempunyai 24 kelereng, ia memberikan kelereng itu pada 2 temannya masing – masing sama banyak. Berapa banyak kelereng yang diterima setiap teman Toni  ?
Previous
Next Post »
Thanks for your comment