Soal Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Tema 1 Hidup Rukun Sub Tema 3 TA 2015/2016

SUB TEMA 3
 HIDUP RUKUN DI SEKOLAH

1.        Salah satu contoh hidup rukun di sekolah adalah ….
a. Melaksanakan piket kelas
b. Bertanya kepada guru
c. Memperhatikan penjelasan guru
2.       Saat istirahat Udin tidak mau diajak bermain oleh Edo. Maka sikap Edo sebaiknya……
a. Memaksa Udin ikut bermain
b. Tidak memaksa Udin untuk ikut bermain
c. Marah kepada Udin
3.       Menjaga kerukunan di sekolah adalah tanggung jawab………………….
a.  Guru
b. Murid
c. Semua warga sekolah
4.       Gotong royong membersihkan kelas adalah salah satu contoh……….
a. Hidup rukun
b. Toleransi
c. Tertib
5.       Gotong royong adalah……………..
a. Bekerja bersama –sama
b. Bekerja sendiri
c. Menghargai perbedaan
6.       Sebutkan dua manfaat dari gotong royong…………..
7.       Sebutkan tiga contoh hidup rukun di sekolah………

Bacalah syair lagu dibawah ini dengan teliti !
Peramah dan Sopan
Bukan yang congkak
Bukan yang sombong
Yang disayangi handai dan taulan
Hanya anak yang tak pernah bohong
Rajin bekerja, peramah dan sopan

8.       Apa kesimpulan dari lagu diatas………….
a. Anak yang jujur, ramah dan sopan punya banyak teman
b. Anak yang congkak punya banyak teman
c. Anak yang sombong punya banyak teman
9.       Sifat – sifat  baik  apa saja yang ada dalam lagu diatas………
a. Congkak, ramah, sopan
b. Ramah, sopan, Sombong
c. Ramah, sopan, rajin bekerja, jujur
10.    Yang termasuk lagu wajib adalah………
a. Hari merdeka
b. Peramah dan sopan
c. Ruri adalah abangku
11.    Keinginan untuk masa depan disebut………
12.    Sahabat adalah……………..
13.    Apakah permainan anak perempuan dan laki-laki sama ?....
Sebutkan tiga contoh permainan anak perempuan………
14.    Gantungkan cita – citamu setinggi langit.
Apakah arti pepatah tersebut ?
15.    Pepatah adalah………………
16.    232………….239
a. Lebih banyak
b. Lebih sedikit
c. Sama banyak
17.    ………53, 60, 67, 74
Bilangan yang tepat untuk mengisi titik – titik diatas adalah
a.50
b. 46
c. 52
18.    67, 69, 76, 78, 85, ……, ……….
Bilangan yang tepat untuk mengisi titik –titik diatas adalah……
a. 80, 92
b. 86, 93
c. 87, 94
19.    289, 256, 278, 267, 279.
Urutkan bilangan diatas dari yang terbesar hingga terkecil………
a. 256, 267, 278, 279, 289
b. 289, 279, 278, 267, 256
c. 259, 279, 267, 278, 256
20.    45, _____, _____, 75, 85
Bilangan yang tepat untuk mengisi titik – titik diatas adalah………….
a. 40, 50
b. 60, 70
c. 55, 65
21.    77, 79, 86, 88, 95
Pola barisan bilangan diatas adalah……….
a. +7 dan +2
b. +2 dan +7
c. +3 dan +6
22.    74, 80, 82, 88, 90
Pola barisan bilangan diatas adalah……….
a. +5 dan +6
b. +2 dan +6
c. +6 dan +2
23.    Tentukan pola barisan bilangan berikut………………
a. 72, 74, 82, 84, 92
b. 36, 44, 46, 54, 56
24.    Udin berada di sebuah garis bilangan dengan beberapa temannya.
Dia berada di tempat kelima dari kiri dan keempat dari kanan.
Ada berapa anak yang berdiri pada garis bilangan tersebut ?
25.    355………………….. dari 345
Previous
Next Post »
Thanks for your comment